Share

Bantu Tumbuh Kembang, Ini 7 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Rabu 15 Desember 2021 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 12 2517632 bantu-tumbuh-kembang-ini-7-rekomendasi-mainan-edukasi-untuk-anak-h5wgBggbWV.jpg Foto: Dok Pixabay

Bermain adalah kegiatan menyenangkan bagi anak-anak. Kebanyakan dari waktu anak memang dihabiskan untuk bermain. Namun, kita tak perlu khawatir akan hal tersebut mengingat ada berbagai jenis permainan yang justru dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Salah satu jenisnya adalah mainan edukasi. Bukan seperti permainan anak kecil lainnya, mainan edukasi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengasah perkembangan anak. Dengan mainan edukasi, anak dapat mengasah keterampilan, kreativitas, ketangkasan, dan lainnya.

Tak hanya itu, dengan mainan edukasi ini, anak akan mendapatkan media belajar motorik dan sensorik yang justru berdampak bagus bagi perkembangan sang anak. Berikut ini rekomendasi mainan edukasi untuk dimainkan anak sebagai media pembelajaran.

Lego

Lego adalah sebuah mainan yang berasal dari Amerika Serikat. Mainan konstruksi yang terbuat dari plastik ternyata bukan hanya berfungsi sebagai mainan. Namun, lego memiliki nilai edukasi bagi anak yang memainkannya.

Dengan memainkan lego yang terdiri dari bongkahan bricks ini, anak secara tidak langsung dapat mengalami perkembangan pada kemampuan motoriknya. Cara memainkan lego yang dilakukan dengan menempel serta meletakkan bricks menjadi bangunan adalah penyebabnya.

Lego juga dapat membantu mengasah kreativitas anak dalam mengingat dan membuat visi dari bentuk yang ada. Tak hanya itu, Lego juga dapat dimainkan bersama dengan teman-teman sehingga dapat menumbuhkan sifat dan sikap kerja sama satu sama lainnya.

Rubik

Permainan selanjutnya adalah Rubik. Permainan satu ini mungkin terlihat sulit untuk dimainkan apalagi saat baru pertama kali dimainkan oleh sang anak. Rubik memiliki bentuk kubus dengan enam sisi berbeda warna pada setiap sisinya dan kotak 3x3

Umumnya, enam warna yang berbeda, terdiri dari warna merah, kuning, hijau, putih, biru, dan jingga. Tugas sang anak adalah menyelesaikan dengan mencocokkan setiap kotak 3x3 dengan semua warna yang ada pada bidangnya.

Permainan ini akan memerlukan ketangkasan dan konsentrasi sang anak dalam menyelesaikannya. Jadi, selain bagus untuk melatih motorik, Rubik juga dapat membantu meningkatkan kemampuan otak anak.

Diecast

Mainan selanjutnya adalah diecast atau mobil-mobilan. Mainan yang satu ini tergolong mudah untuk dijumpai dan memiliki harga terjangkau tergantung dari jenisnya. Hadir dalam berbagai ukuran, diecast biasanya menggambarkan bentuk asli dari mobil sebenarnya.

Tak hanya membuat anak menjadi lebih senang dan kreatif, mainan ini membantu anak untuk mengenal mobil dan komponen yang ada di dalamnya. Selain itu, dengan mainan mobil-mobilan ini, anak juga dapat meningkatkan kemampuan motoriknya.

BACA JUGA: 3 Trik Cerdas Pilih Mainan Aman untuk Anak

Monopoli

Mainan monopoli tergolong mainan edukasi yang bagus untuk anak-anak. Dengan bermain monopoli bersama temannya, sang anak dapat meningkatkan skill berkomunikasi dan negosiasi. Dampak baiknya, dapat membantu anak meningkatkan kecerdasan intrapersonal.

Mainan ini cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan menggerakkan sebuah pion di atas papan dengan aktivitas membeli atau menjual, mengembangkan properti seperti membangun rumah dan hotel dengan menggunakan uang palsu monopoli.

Puzzle

Puzzle memiliki banyak manfaat untuk perkembangan anak. Kemampuan memecahkan masalah, melatih ingatan, mengasah keterampilan motorik, problem solving, dan meningkatkan rasa percaya diri anak adalah beberapa diantaranya.

Saat menyusun puzzle, sang anak akan membuat sebuah gambar melalui kepingan gambar yang ada. Hal ini juga akan memudahkan anak untuk mengembangkan kemampuan lain seperti belajar menulis dan menggambar. Yang terpenting, anak akan terbiasa dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Congklak

Mainan tradisional ini tergolong sebagai mainan edukasi. Selain mudah didapat dan harganya murah, anak-anak akan mendapatkan banyak manfaat. Congklak terdiri dari sebuah papan dengan berbagai lubang tempat menaruh bijinya

Bermain congklak dapat melatih saraf motorik anak terutama saat memindahkan biji congklak, si anak perlu menggerakkan tangannya untuk mengambil dan memasukkannya ke lubang congklak. Tak hanya itu, congklak juga dapat membantu meningkatkan pengambilan keputusan sang anak sambil merangsangnya belajar berhitung.

Nah, itulah rekomendasi mainan anak untuk edukasi. Bagi Anda yang ingin membeli mainan edukasi untuk si kecil, Anda bisa mendapatkannya di Shopee. Tak hanya mainan, Anda juga dapat membeli berbagai perlengkapan sehari-hari, seperti makanan, gadget, pakaian, dan yang lainnya.

Untuk memberikan Anda kenyamanan dalam berbelanja, Anda bisa menggunakan fitur Shopee Cash on Delivery (COD). Dengan memilih fitur COD, Anda dapat menikmati layanan pembayaran di tempat saat menerima pengiriman barang Anda. Jangan khawatir, Shopee COD didukung oleh berbagai jasa pengiriman terpercaya dan menjamin barang Anda sampai di tempat dengan selamat. Kini, Shopee COD sudah bisa digunakan oleh Anda dan para pengguna Shopee di Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, JawaTimur, Bali, NTT, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Segera berbelanja di Shopee dan nikmati fitur pembayaran Shopee COD untuk pengalaman belanja yang lebih aman dan nyaman.

CM

(FDA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini