Share

4 Rahasia Membuat Teh yang Enak, Perhatikan Kualitas dan Temperatur Air

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 17 Desember 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 298 2517521 4-rahasia-membuat-teh-yang-enak-perhatikan-kualitas-dan-temperatur-air-psJrv7Eg17.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI teh memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, lantaran kandungan dalam teh memiliki antioksidan, sehingga mampu memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh.

Bahkan, mengonsumsi teh secara rutin juga dapat membantu mencegah kanker, penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Teh pun banyak digemari masyarakat Indonesia karena pembuatan yang relatif mudah, aroma yang sedap, hingga khasiatnya yang membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Konon, kebiasaan minum teh masyarakat Indonesia sendiri telah menjadi budaya turun menurun sejak abad ke-17. Dilansir dari Tong Tji Tea Indonesia, produsen teh lokal Indonesia yang telah berdiri sejak 1938, inilah rahasia sukses dalam meracik teh yang segar dan nikmat.

Teh

Kualitas dan temperatur air

Air merupakan elemen yang sangat penting dan paling utama dalam meracik teh. Air dengan kadar garam dan mineral yang tinggi akan mempengharuhi rasa kemurnian teh yang di seduh. Selain itu temperatur air juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Air yang digunakan untuk menyeduh teh sebaiknya berada pada temperatur di 80-90 derajat Celcius.

Penyimpanan teh

Untuk tetap mendapatkan kualitas teh yang baik, maka kita perlu memperhatikan tempat penyimpanannya. Teh sebaiknya tidak disimpan di dalam lemari pendingin atau tempat yang lembab, karena suhu yang dingin dan kondisi yang lembab akan membuat teh mudah berjamur.

Sebaliknya, tidak dibenarkan juga menyimpan teh di tempat yang panas atau langsung terkena sinar matahari. Suhu yang panas akan menguapkan aroma teh dan menurunkan kadar teh-nya. Hindari juga menyimpan teh dekat benda – benda yang memiliki aroma yang menyengat, karena teh memiliki sifat menyerap bau. Aroma teh akan hilang dan akan kalah dengan aroma lainnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Waktu penyimpanan teh

Teh yang alami dan tanpa bahan pengawet memiliki waktu simpan yang tidak lama ketika sudah diseduh. Waktu simpan teh yang sudah diseduh hanya berkisar antara 6 s.d 8 jam. Setelah itu kenikmatan teh pun akan berkurang. Berkurangnya kenikmatan teh ini biasanya ditandai dengan perubahan warna teh yang menjadi lebih keruh dan aroma teh yang memudar.

Bahan campuran teh

Beberapa orang memang lebih menyukai untuk menikmati teh murni dan tanpa campuran, namun ada juga mereka yang suka menambahkan bahan campuran lain kedalam teh nya. Bahan campuran lain yang seringkali ditambahkan kedalam teh adalah gula.

Gula yang baik untuk campuran teh adalah gula tebu yang murni dan bukan pemanis buatan karena penggunaan pemanis buatan akan sangat berpengaruh pada mutu dan kualitas teh yang disajikan. Selain itu, kita juga bisa menambahkan bahan campuran lain seperti perasan jeruk lemon murni, susu dan madu.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini