Share

Selain Olahraga, Ajang Lari dan Gowes Bisa Sambil Lestarikan Lingkungan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 612 2517572 selain-olahraga-ajang-lari-dan-gowes-bisa-sambil-lestarikan-lingkungan-ksUpE6OKCr.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

AJANG perlombaan lari dan bersepeda yang digelar secara virtual banyak diikuti oleh masyarakat. Tak sekadar lomba untuk mencari kebugaran, ada pula sebagian ajang yang juga mengajak masyarakat untuk jaga lingkungan.

Lari dan bersepeda memang menjadi olahraga yang mengasyikkan dan bisa sekaligus melepas penat karena dilakukan di luar rumah. Karenanya, di sela-sela kesibukan, tak sedikit orang masih antusias ikut ajang lomba olahraga virtual.

Apalagi kalau ajang ini bisa sekaligus menjaga lingkungan seperti menanam pohon bakau. Tentu banyak masyarakat antusias ikut perlombaan.

Hal ini dikatakan oleh perwakilan Geliga Alexander Lasso. Dia senang karena banyak peserta lomba yang antusias menyelesaikan challenge dan bahkan melebihi target saat ikut lomba lari.

Baca Juga: Tak Mau Depresi di Masa Pandemi? Coba Rajin Lari Deh

"Tingginya semangat dan optimisme peduli lingkungan di antara peserta bisa tetap tinggi di masa pandemi ini," ujarnya lewat keterangan resmi.

Dia menambahkan, kondisi lingkungan di dunia saat ini tingkat emisi karbon (CO2) semakin meningkat, namun tidak diimbangi dengan reboisasi yang baik.

"Untuk itu kita memilih pohon bakau karena dari segi penanamannya juga sangat mudah namun untuk manfaatnya bukan hanya bisa menyaring emisi karbon (CO2), tapi juga bisa membantu menahan abrasi,” tambah dia.

Salah satu peserta lomba virtual pun sangat senang dan merasa mendapat banyak manfaat saat ikut lomba.

Aquila, seorang pelajar SMA Negeri Kelas XII dari Buleleng, Bali mengatakan, kegiatan ini bisa menyadarkan masyarakat bahwa kerusakan lingkugan terutama di daerah pinggir pantai sudah semakin parah, ditambah lagi dengan tingkat abrasi yang tinggi.

"Saya cukup senang ketika jumlah kilometer yang saya kumpulkan bisa ditukar dengan bibit pohon bakau, bukan hanya kesehatan yang didapat tapi juga manfaat untuk menjaga ekosistem pinggir pantai dari kerusakan," tutup dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini