Share

5 Manfaat Makan Sayur Pakcoy, Si Sawi Berbentuk Sendok yang Kaya Nutrisi!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 481 2518284 5-manfaat-makan-sayur-pakcoy-si-sawi-berbentuk-sendok-yang-kaya-nutrisi-jUOODNDYOh.jpg Sayur pakcoy (Foto: Healthline)

BOK Choy atau pakcoy mengandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk tubuh. Hal itu membuat jenis sayuran yang satu ini memiliki banyak manfaat dan disarankan untuk dikonsumsi.

Kandungan nutrisi dalam pakcoy berkhasiat untuk melindungi tubuh dari sejumlah risiko penyakit. Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam sayuran sawi berbentuk mirip sendok ini ini adalah serat, vitamin A, C, K, B6, asam folat, antioksidan beta karoten, serta kalsium. 

Pakcoy juga cocok untuk dikonsumsi saat diet, sebab kandungan kalorinya tergolong rendah. Kamu bisa mengolahnya dengan cara ditumis, direbus, atau dijadikan sup. Sederet kandungan nutrisi dalam pakcoy membuat sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut 5 manfaat sayur pakcoy seperti dilansir dari Stylecraze, Jumat (17/12/2021).

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Sayur Pakcoy

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, bok choy mengandung vitamin K, kalsium, magnesium, zat besi, seng, dan fosfor. Nutrisi ini membantu memperkuat tulang, menjaga struktur tulang, dan mencegah patah tulang.

Direkomendasikan asupan makanan 90 mikrogram vitamin K per hari untuk wanita dan 120 mikrogram nutrisi per hari untuk pria. Kurangnya konsumsi zat besi dan seng juga dapat menyebabkan osteoporosis dan penipisan kolagen.

Baca Juga : Lauk Praktis untuk Makan Malam, Tumis Tahu Pakcoy

2. Dapat meningkatkan kesehatan mata

Bok choy, mengandung karotenoid esensial seperti lutein dan zeaxanthin yang membantu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Bok choy juga kaya akan vitamin A , vitamin yang bertanggung jawab untuk kesehatan mata.

Baca Juga : 6 Manfaat Mengonsumsi Selada yang Perlu Anda Ketahui

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Bok choy mengandung vitamin C, antioksidan yang dikenal karena perannya dalam produksi kolagen dan memerangi radikal bebas. Ini dapat membantu mengurangi risiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh faktor eksternal. Ini juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan.

4. Mencegah risiko kanker

Sayur Pakcoy

Sayuran bok choy mengandung senyawa fitokimia dan brasinin yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker. Berdasarkan penelitian , konsumsi sayuran bok choy setidaknya satu kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker prostat, pankreas, ovarium, hati, dan perut.

5. Mencegah penyakit jantung coroner

Dalam penelitian menunjukkan konsumsi bok choy akan membantu menurukan sekitar 15,8 persen resiko penyakit kardiovaskular. Vitamin B6 dan folat dalam bok choy mencegah akumulasi homosistein , yang dapat merusak lapisan arteri atau menyebabkan aterosklerosis (penumpukan plak di dalam arteri).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini