Share

Gamelan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Presiden Jokowi Bangga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 612 2517835 gamelan-jadi-warisan-budaya-unesco-presiden-jokowi-bangga-ZqRO31cEAU.jpg Gamelan. (Foto: Antara)

INDONESIA memang memiliki sederet budaya yang telah menjadi ciri khas turun temurun. Bukan hanya di bidang fashion, Indonesia pun memiliki warisan budaya di bidang kuliner bahkan alat musik.

Nah, baru-baru ini Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang biasa disebut UNESCO menetapkan Gamelan sebagai warisan budaya.

Presiden Joko Widodo mengumumkan kabar baik kepada masyarakat lewat Instagram bahwa gamelan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO. Penetapan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO ini diterima Jokowi langsung dari pusat UNESCO di Paris, Perancis.

Gamelan

"Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini," kata Jokowi dalam keterangan foto Instagram yang dibagikan, belum lama ini.

Ia kemudian menjelaskan bahwa gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari rakyat di berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya itu, gamelan juga terus dipelajari dan dikebangkan, hingga diwariskan dari generasi ke generasi.

Gamelan, sambung Jokowi, juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia. Begitu besarnya peran gamelan di kehidupan manusia.

"Indonesia akan terus melestarikan gamelan melalui pendidikan dan pelatihan secara formal dan non formal, melalui festival, pawai, pertunjukan, dan pertukaran budaya," papar orang nomor satu di Indonesia itu.

Gamelan sendiri menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia ke-12 yang telah tercantum dalam daftar WBTB UNESCO setelah wayang, keris, batik, pendidikan dan pelatihan batik, angklung, tari saman, noken, tiga genre tari tradisional di Bali, seni pembuatan kapal pinisi, tradisi pencak silat, dan pantun.

Bangsa Indonesia patut bangga dengan hal ini dan semoga di masa depan akan semakin banyak generasi muda yang terus melestarikan budaya-budaya asli Indonesia, termasuk gamelan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini