Share

Jangan Terjebak Mitos, Ini 4 Cara Pakai Bra dengan Benar

Siska Permata Sari, Okezone · Jum'at 17 Desember 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 612 2518186 jangan-terjebak-mitos-ini-4-cara-pakai-bra-dengan-benar-a9MxgomAEb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BRA menjadi salah satu item yang penting bagi para perempuan. Pasalnya, penggunaan bra yang tidak tepat bisa menyebabkan berbagai penyakit bahkan dikabarkan bisa membuat kanker.

Anda tentu pernah mendengar bahwa bra kawat bisa menyebabkan kanker payudara. Bra kawat memang cenderung lebih ketat dan kencang dengan tujuan agar payudara terlihat lebih naik. Namun, bra yang terlalu kencang seperti ini dianggap dapat menimbulkan kanker payudara.

Tapi, melansir laman UAMS Health, para dokter menyatakan bahwa jenis bra kawat maupun pakaian dalam yang ketat lainnya tidak ada hubungannya dengan risiko kanker payudara. Selain itu, tidak ada bukti ilmiah satupun yang mendukung rumor yang telah beredar dikalangan wanita ini. Jadi, tidak ada perbedaan risiko antara wanita yang mengenakan bra kawat dan yang mengenakan bra biasa maupun tidak mengenakan bra.

Semua wanita berisiko mengidap kanker payudara. Namun, memang ada faktor-faktor tertentu yang meningkatkan risikonya. Kanker payudara umumnya mengintai wanita yang memiliki kelebihan berat badan. Wanita yang kelebihan berat badan lebih cenderung memiliki payudara yang lebih besar dan perlu mengenakan bra yang lebih kencang.

Sedangkan wanita yang mengenakan bra biasa cenderung memiliki berat badan yang sehat. Perbedaan bobot inilah yang mungkin menjadi penyebab mitos ini terus beredar. Nah, daripada terpancing mitos-mitos yang tidak benar, berikut telah MNC Portal Indonesia rangkum cara memakai bra dengan benar, dikutip dari Clovia.

Bra

Membungkuk

Postur tubuh terbaik saat mengenakan bra adalah membungkuk. Hal ini memungkinkan payudara Anda untuk secara alami menetap dan masuk ke dalam cup bra.

Sedikit goyangan payudara memang dibutuhkan untuk mengisi cup bra sepenuhnya agar menetap dengan benar. Jadi, cukup bungkuk dan kaitkan pengait bra dengan benar tanpa harus memutarnya seperti cara lama, ya.

Kaitkan bra dengan benar

Banyak wanita membuat kesalahan dengan mengaitkan hanya satu gesper. Ini justru akan menyebabkan rasa sakit dan ruam pada kulit. Anda harus selalu mengaitkan semua pengait bra dan pastikan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Bra harus menetap di belakang tanpa naik-naik ke atas.

Tali bra sesuai dengan bahu

Tali bra memiliki peran penting saat menopang payudara sehari-hari. Anda harus selalu memastikan bahwa tali pengikat disesuaikan dengan bahu Anda. Tali pengikat yang terlalu kencang dapat menyebabkan nyeri punggung & bahu yang parah.

Jika terlalu longgar, Anda mungkin akan terganggu karena bra akan terus-menerus jatuh. Agar lebih nyaman, Anda bisa mengukur jarak antara kulit dan tali bra dengan menggunakan dua jari.

 

Bra berkawat

Bra berkawat bisa membuat payudara Anda terangkat dan membuatnya terlihat lebih bulat dan penuh. Namun, Anda harus pastikan bahwa bra berkawat ini terpasang dengan benar.

Bagian tengahnya harus rata di tengah payudara Anda, sementara kawat bawahnya harus nyaman berada tepat di bawah payudara Anda. Ini adalah posisi ternyaman agar tidak mengganggu Anda saat beraktivitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini