Share

Dokter Reisa Ingatkan Tetap Patuhi 5 Prokes Ini untuk Cegah Penyebaran Omicron

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 481 2518783 dokter-reisa-ingatkan-tetap-patuhi-5-prokes-ini-untuk-cegah-penyebaran-omicron-nL7RZsYn4Q.jpg Dokter Reisa (Foto : Youtube/Sekretariat Presiden)

VARIAN Omicron yang meresahkan dunia global telah masuk ke Indonesia pada 15 Desember lalu. Secara resmi, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin telah mengumumkan 1 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Setelah menjalani karantina dan perawatan, untungnya saat ini pasien tersebut sudah dinyatakan negatif. Tapi bukan berarti kita boleh menjadi lengah, karena pandemi sejatinya belum berakhir dan varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia artinya masih mengintai keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Dokter Reisa

Maka dari itu, penting bagi semua orang untuk tetap melakukan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi diri selama pandemi Covid-19. Seperti lima langkah pencegahan yang semuanya harus dilakukan secara konsisten dan dilakoni dengan baik.

Baca Juga : 4 Capaian Indonesia dalam Pengendalian Pandemi Covid-19 Selama Hampir 2 Tahun

Dokter Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara Pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru kembali mengingatkan untuk mematuhi prokes sebagai langkah pencegahan ketika siaran langsung keterangan pers LIVE Update Perkembangan Covid-19, Jumat (17/12/021).

1. Memakai masker dengan benar.

2. Jaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan.

3. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

4. Buka jendela, untuk ventilasi yang lebih baik.

5. Segera divaksin jika sudah tiba gilirannya.

Baca Juga : 13 Rekomendasi Terbaru IDAI Terkait Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Sebagai informasi, sampai saat ini dari pantauan Satgas Perubahan Perilaku pada lebih dari 4.330.595 orang di 31 Provinsi dan 279 Kab/Kota di Indonesia, memperlihatkan tingkat kepatuhan memakai masker di Indonesia pada bulan November-Desember 2021, masih di atas level 90 persen.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini