Share

Hoax Gejala Omicron: Stroke hingga Gagal Jantung

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 612 2518496 hoax-gejala-omicron-stoke-hingga-gagal-jantung-pwEa5z6kZn.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

GEJALA varian omicron memang memiliki ciri khas tersendiri, yang paling sering dilaporkan terjadi adalah mengalami tenggorokan gatal dan juga mialgia, yang merupakan nyeri otot atau pegal-pegal. Meski demikian, ini baru pengamatan awal di beberapa negara di Eropa.

Seperti diketahui, virus tersebut bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan, sehingga gejala-gejala yang dialami tiap orang di tiap daerah bisa berbeda. Di Indonesia sendiri, orang pertama yang terdeteksi terpapar omicron tidak memiliki gejala umum seperti demam dan batuk.

Tapi, baru-baru ini beredar informasi terkait dengan gejala omicron seperti diunggah sebuah akun Facebook sejak 30 November 2021. Narasi berbahasa Inggris itu mengabarkan gagal jantung dan serangan otak (strok) merupakan beberapa gejala dari varian yang pertama terdeteksi di Afrika Selatan tersebut.

Unggahan itu juga berisi keterangan Omicron tercipta akibat komplikasi yang diduga berasal vaksin Covid-19.

Hoax
Berikut narasi lengkapnya dalam Bahasa Indonesia:

"Beberapa gejala dari Varian Omicron di antaranya adalah:

-Gagal jantung

-Aritmia

-Peradangan jantung

-Pembekuan darah

-Stroke

-Kerusakan saraf Perifer

-Kegagalan organ lainnya

Omicron terdengar seperti komplikasi dari obat percobaan tertentu, bukan?"

Namun, benarkah gagal jantung, strok, serta sejumlah gangguan kesehatan dalam narasi tersebut merupakan gejala Omicron?

Penjelasan:

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut gejala varian Omicron saat ini antara lain, demam, keringat malam, batuk kering dan kelelahan, sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia.

Tidak ditemukan keterangan resmi yang membenarkan timbulnya gagal jantung, aritmia, peradangan jantung, pembekuan darah, strok, serta kerusakan saraf perifer akibat terinfeksi Omicron.

Seperti dilansir Antara dari Reuters, narasi yang menyebutkan Omicron tercipta akibat komplikasi yang diduga berasal dari vaksin Covid-19 juga tidak berdasar. Walaupun beberapa gejalanya mirip dengan virus corona jenis sebelumnya, varian Omicron tetap perlu diwaspadai.

Sebab, Institut Penelitian Afrika di Afrika Selatan dalam percobaannya membuktikan bahwa Omicron mampu menghindari respon imun vaksin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini