Share

5 Bahan Alami Pelembap Kulit Kering, Banyak Tersedia dan Mudah Digunakan Lho

Hasyim Ashari, MNC Portal · Sabtu 18 Desember 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 18 611 2518898 5-bahan-alami-pelembap-kulit-kering-banyak-tersedia-dan-mudah-digunakan-lho-Jn19gd9iV3.jpg Ilustrasi bahan alami pelembap kulit. (Foto: Senivpetro/Freepik)

KULIT kering adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini bisa disebabkan banyak hal, misalnya penggunaan kosmetik hingga faktor lingkungan. Tapi tenang saja, masalah kulit kering biasa diatasi, salah satunya dengan menggunakan pelembap kulit dari bahan alami.

Pelembap kulit dari bahan alami bisa dibuat sendiri lho, caranya pun cukup mudah. Anda dapat melakukannya dengan beberapa bahan yang ada di rumah. Pelembap alami buatan sendiri ini mengandung nutrisi segar dan dapat memberikan hasil yang luar biasa.

Apa saja pelembap alami yang efektif mengatasi kulit kering? Berikut ini lima di antaranya, seperti telah MNC Portal rangkum, Sabtu (18/12/2021).

Baca juga: Gara-Gara Salah Berjemur, Banyak Orang Malah Alami Kulit Kusam 

1. Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki banyak nutrisi seperti vitamin E dan vitamin A yang bagus untuk kulit. Tak hanya itu, lidah buaya juga mengandung steroid yang berfungsi sebagai sifat anti-inflamasi. Gel lidah buaya akan membantu meredakan sensasi gatal ada kulit kering.

Gel lidah buaya.

2. Madu

Madu adalah salah satu pelembap alami terbaik untuk kulit. Bahkan, madu dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam untuk melembabkannya. Selain itu, madu juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit Anda dan mengembalikan kulit kusam menjadi bercahaya alami dengan kandungan antioksidannya.

Baca juga: Kulitmu Sensitif, Coba Rawat dengan Cara Berikut! 

3. Alpukat

Alpukat mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral seperti asam lemak, karotenoid, vitamin C, dan vitamin E. Nutrisi tersebut akan menyehatkan kulit Anda dan juga melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C yang tinggi dalam alpukat juga membantu dalam pembentukan produksi kolagen dan sel-sel baru untuk menjaga elastisitas kulit agar terlihat lembap, kenyal, dan awet muda.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

4. Mentimun

Buah mentimun juga sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Mentimun memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat membantu kulit terhidrasi dengan sempurna. Selain itu mentimun juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kulit.

Baca juga: Kesal Punya Jerawat, Coba Atasi dengan Cara Ini 

5. Susu atau buttermilk

Susu maupun buttermilk adalah bahan yang efektif untuk menghidrasi semua jenis kulit. Keduanya sama-sama dengan cepat diserap ke dalam pori-pori kulit. Selain itu, mereka juga dapat membantu menghilangkan kerutan.

Buttermilk. (Foto: Simplyrecipes)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini