Share

Marak Cyberbullying, Ini Cara Zahid Azmi Ibrahim Mengontrolnya

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 18 Desember 2021 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 18 612 2518941 marak-cyberbullying-ini-cara-zahid-azmi-ibrahim-mengontrolnya-G9WxYSGTKs.jpg YouTuber Zahid Azmi Ibrahim memberi tips mencegah cyberbullying. (Foto: Youtube Zahid Azmi Ibrahim)

ZAHID Azmi Ibrahim merupakan content creator edukasi yang kerap membagikan ilmu bermanfaat bagi penonton, di antaranya tips belajar bahasa asing, tips berbicara di depan umum, dan cara agar lebih produktif. Banyak peminat, kini Zahid memiliki lebih dari 297.000 subscribers di YouTube channel miliknya.

Tanpa disangka, Zahid Azmi Ibrahim sempat merasa tak berdaya dan menganggap bahwa internet merupakan sebuah hal yang negatif. Namun kini ia menyadari bahwa dampak positif dan negatif internet bergantung pada bagaimana pengguna mengontrolnya.

"Berkarier selama 3–5 tahun di YouTube mengizinkanku untuk melihat yang terbaik dan juga terburuk dari internet, di sisi lain aku sudah tahu rasanya bagaimana ketika orang memberikan support yang luar biasa, dan di sisi lain aku sudah merasakan bagaimana rasanya ketika banyak orang yang tidak suka dengan kita," ujar Zahid Azmi Ibrahim dikutip dari unggahan YouTube channel Zahid Azmi Ibrahim pada Rabu (15/12/2021).

YouTuber Zahid Azmi Ibrahim memberi tips mencegah cyberbullying. (Foto: Youtube Zahid Azmi Ibrahim)

Zahid pun menjelaskan beberapa tips bagi pengguna untuk mengontrol internet, bukan sebaliknya. Topik pertama yang dibahasnya yaitu mengenai ujaran kebencian di internet dan cyber bullying.

Tips dari Zahid ketika membaca komentar yaitu dengan mengidentifikasi maksud dari penulis, apakah tujuannya untuk memberi kritik membangun atau hanya ingin menjatuhkan. Penting juga bagi Zahid untuk menerima kritik atau komentar dari akun asli yang memiliki identitas, bukan akun palsu. Dengan cara tersebut, Zahid bisa menyaring komentar yang perlu dihiraukan dan yang tidak perlu.

Bagi yang sudah penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak videonya hanya di YouTube channel Zahid Azmi Ibrahim.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini