Share

Menjaga Imunitas dengan Fitonutrisi, Bahan Kimia yang Dihasilkan Tumbuhan

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 19 Desember 2021 20:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 19 612 2519435 menjaga-imunitas-dengan-fitonutrisi-bahan-kimia-yang-dihasilkan-tumbuhan-VXhM8StwmA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAIN menjaga protokol kesehatan, salah satu yang juga harus dijaga adalah imunitas tubuh. Pasalnya, sampai saat ini belum ada obat yang mampu mengatasi Covid-19.

Imunitas tidak hanya didapat dari vitamin saja, tapi juga dari makanan seperti sayur-sayuran. Pasalnya, sayur mengandung fitonutrien yang memiliki peranan besar dalam meningkatkan imunitas dan memperbaiki metabolisme tubuh sehingga memberikan kesehatan yang optimal.

Fitonutrien adalah bahan kimia atau senyawa alami yang dihasilkan oleh tumbuhan. Sayuran dan buah-buahan memiliki warna yang beraneka ragam sehingga menarik di mata. Namun, setiap warna yang dimiliki memiliki manfaatnya masing masing sehingga memberikan kesehatan yang optimal.

Sayuran

Sementara itu fitonutrisi dalam sayur dan buah hijau sangat bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dan energi, serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel Fitronutrisi dari sayur dan buah merah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sedangkan fitonutrisi dari sayur dan buah berwarna putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi.

Dilansir dari laman Health Line, berbeda dengan karbohidrat, protein, atau vitamin, fitonutrien bukanlah zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, zat kimia ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit dan membantu tubuh bekerja secara maksimal.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap orang membutuhkan 5 porsi atau 400 gram sayur dan buah-buahan setiap hari. Menurut Global Phytonutrient Report, 60-87 persen pria dan wanita di seluruh dunia belum memenuhi minimum konsumsi lima porsi atau 400 gram buah dan sayur setiap hari sesuai rekomendasi WHO.

"Rata-rata orang dewasa harus meningkatkan asupan buah dan sayuran dua kali lipat untuk memenuhi rekomendasi WHO. Oleh karena itu, suplemen tambahan yang mengandung fitonutrisi menjadi sangat penting untuk memenuhi," kata Head of Marketing Communication Amway Indonesia, Dharmaparayana Sthirabudhi dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut dalam hal imunitas, fitonutrisi bermanfaat untuk membentuk dan melindungi sel imun. Namun selain fitonutrisi, pembentukan sel imun juga memerlukan bahan baku seperti protein, vitamin (seperti vit A, C, E) dan mineral (zinc, selenium).

Selain zat-zat gizi tersebut sangat disarankan juga untuk mengonsumsi menu gizi seimbang, karena asupan makronutrisi seperti karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh diperlukan untuk pembentukan sel. "Imunitas bisa ditingkatkan juga dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup, serta konsumsi suplemen kesehatan jika diperlukan," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini