Beautypedia, Ini Alasan Harus Pakai Tabir Surya Sepanjang Hari

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 611 2519900 beautypedia-ini-alasan-harus-pakai-tabir-surya-sepanjang-hari-tkBaR5FXJg.jpg Pakai tabir surya saat berjemur (Foto: The telegraph)

TABIR surya memainkan peran penting untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari yang berbahaya. Ini adalah keharusan mutlak untuk rutinitas perawatan kulit harian kita.

Tabir surya melindungi kulit kita dari sengatan matahari, meminimalkan warna coklat karena berjemur, dan kerusakan akibat sinar matahari dengan menghalangi dan menyerap sinar UV.

 pakai tabir surya

Namun, sebagian besar orang masih percaya bahwa tabir surya harus dipakai hanya selama bulan-bulan musim panas karena sebagian besar musim dingin dan musim hujan matahari jarang muncul.

Sifat menipu dari matahari ketika tampaknya menghilang dari pandangan membuat kita percaya bahwa tidak perlu memakai tabir surya selama musim hujan. Jadi, sekarang adalah waktu untuk pemeriksaan realitas. Pada kenyataannya, sinar matahari di musim apa pun masih memiliki bahaya yang sama.

Lalu bagaimana cara memilih tabir surya yang tepat?

Melansir Times of India, disarankan untuk memilih SPF yang cocok untuk kulit saat memilih tabir surya. Kita harus memeriksa apakah itu memberikan perlindungan matahari spektrum luas dari SPF 50 PA++ atau SPF 30 PA++ yang baik dan minimum SPF 15 PA++ untuk cuaca di Indonesia.

Tabir surya yang ideal diperkaya dengan seng oksida alami dan bahan alami lainnya seperti cranberry, bunga matahari, calendula dll. Selain itu, ia harus menawarkan formulasi tahan lama yang tidak berminyak, tahan keringat, dan tahan air.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tabir surya termasuk paraben, silikon, dan formulasi bebas kekerasan terhadap binatang.

Berbicara tentang penggunaan yang tepat, tabir surya harus diterapkan setidaknya 10 menit sebelum melangkah keluar dan diterapkan kembali setiap dua jam untuk memperoleh kemanjurannya yang maksimal.

Bahkan, seseorang yang merias wajah harus menggunakan tabir surya terlebih dahulu, diikuti dengan pelembab. Tidak diragukan lagi, ritual ini harus diikuti terlepas dari musim apa pun.

Berikut alasan utama mengapa tabir surya harus dipakai sepanjang hari

Tabir surya yang baik melindungi dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA menembus lebih dalam ke dalam kulit dan menyebabkan penuaan dini dengan menyebabkan kerutan dan perubahan warna kulit. Di sisi lain, sinar UVB adalah sinar yang 'membakar', yang menyebabkan kulit terbakar.

Tabir surya yang baik dan efektif dengan fitur-fitur tersebut di atas bila digunakan setiap hari dapat melindungi kulit dari kedua sinar berbahaya tersebut.

Paparan sinar UV yang berlebihan tanpa perlindungan matahari menghasilkan luka bakar yang bertahan lama seperti bintik matahari atau bintik penuaan, yang membutuhkan waktu lama untuk memudar bahkan dengan perawatan yang tepat.

Bintik matahari dapat muncul di area seperti wajah, lengan, punggung, bahu, dan punggung tangan. Jadi, lebih baik untuk mengambil tindakan pencegahan dengan memakai tabir surya yang baik untuk mencegah kulit terbakar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini