Share

5 Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda, Enak Semua!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 298 2520393 5-kuliner-indonesia-yang-terinspirasi-dari-makanan-belanda-enak-semua-Bhd8NGXtkU.jpg Kuliner Indonesia yang terinspirasi dari Makanan Belanda (Foto: IG/@resepmakananspesial)

KULINER Indonesia yang terinspirasi dari makanan Belanda masih sering kita jumpai, bahkan menjadi favorit. Apa saja kuliner Indonesia tersebut?

Indonesia yang pernah dijajah Belanda selama 350 tahun membuat kebudayaan mereka tertanam di Tanah Air, termasuk kulinernya. Ada beberapa kuliner Indonesia yang sebenarnya terinspirasi dari makanan Belanda.

Penasaran apa saja? Dirangkum MNC Portal pada Selasa (21/12/2021), berikut adalah 5 kuliner Indonesia yang sebenarnya terinspirasi dari makanan Belanda.

Kroket

Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda

(Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda, Foto: IG/@@mas_win82)

Dalam bahasa Belanda, kroket disebut dengan croquette. Hidangan satu ini dibuat dari campuran berbagai bahan seperti daging, keju, dan sayuran. Di Belanda, kroket ini umumnya diisi dengan olahan daging cincang, tepung terigu, daun bawang, dan berbagai macam bumbu lainnya.

Di Indonesia pun kroket ini banyak jenisnya, selain berbentuk lonjong ada juga yang berbentuk bola. Ada yang berisi daging maupun sayuran dan juga kentang agar tekstur kroket lebih padat.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Indonesia Mendunia, Nomor 2 Favorit Mantan Presiden AS

Pancake

Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda

(Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda, Foto: IG/@mee_pancake)

Pancake merupakan makanan yang sedang viral beberapa tahun belakangan ini. Namun siapa sangka, ternyata makanan ini juga terinspirasi dari hidangan Belanda. Pancake di Belanda seringkali disantap sebagai camilan.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Tinggal buat adonan dari tepung terigu, susu, telur, dan gula yang dihaluskan. Kemudian tuang adonan pancake ke dalam wajan anti lengket dengan membentuk bulatan. Pancake dapat disantap dengan siraman madu atau selai di atasnya.

Baca Juga : Resep Pancake Saus Karamel, Cocok untuk Sarapan si Kecil

Kaastengels

Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda

(Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda, Foto: IG/@magdahlena_brian)

Kue yang umumnya dijumpai pada saat perayaan Idul Fitri ini ternyata juga terinspirasi dari kuliner Belanda lho! Bahkan, kaastengels sendiri berasal dari bahasa Belanda, ‘kaas’ artinya keju, dan ‘tengels’ artinya batang.

Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini terbuat dari campuran keju dan dicetak dengan bentuk panjang seperti batang. Kaastengels umumnya diolah dengan cara dipanggang dengan taburan keju di bagian atasnya.

Nastar

Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda

(Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda, Foto: IG/@mycrispypuff)

Enggak jauh beda sama kaastengels, ternyata nastar juga salah satu hidangan Idul Fitri yang terinspirasi dari Belanda. Kue yang paling dicari selama lebaran ini dibuat dari berbagai pilihan.

Dengan bentuk yang bulat, nastar diberi isian selai nanas atau cokelat di dalamnya. Di bagian atas nastar diolesi kuning telur supaya menghasilkan warna oranye yang cantik.

Perkedel

Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda

(Kuliner Indonesia yang Terinspirasi dari Makanan Belanda, Foto: IG/@resepmakananspesial)

Perkedel dalam bahasa itu Belanda disebut freekedelen. Di Indonesia perkedel terkenal sebagai singkatan persatuan kentang dan juga telur. Sebelum digoreng dan dicampur dengan telur, kentang terlebih dahulu harus direbus dan dihancurkan.

Setelah itu diberikan campuran telur dengan tambahan berbagai macam bumbu dan juga daun bawang sebagai penyedap rasa. Perkedel ini biasanya bisa ditemui di berbagai warung makan dengan harga terjangkau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini