Share

Untuk Hindari Kecelakaan, Dokter Tirta Bahas Bahaya Alkohol Ketika Mengemudi

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 481 2520206 untuk-hindari-kecelakaan-dokter-tirta-bahas-bahaya-alkohol-ketika-mengemudi-PKJT4S0lik.jpg Dokter Tirta (Foto : Youtube/Tirta PengPengPeng)

TIRTA Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dokter Tirta merupakan dokter muda yang kini banyak dikenal masyarakat Indonesia melalui edukasinya mengenai virus corona. dr Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Selain dikenal sebagai seorang dokter, dr Tirta merupakan pengusaha bisnis cuci sepatu yang telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia. Pertama kali didirikan di Yogyakarta, dr Tirta mulai merintis usahanya pada saat ia menjalani pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada.

Kembali dengan konten informatif yang mengedukasi penonton, kali ini dr Tirta membuat video khusus untuk membahas bahaya alkohol ketika mengemudi. dr Tirta menjelaskan 2 jenis alkohol yaitu etanol dan metanol. Ia menjelaskan bahwa etanol merupakan alkohol yang umumnya dipakai dalam kandungan minuman, sedangkan metanol sering digunakan untuk miras oplosan. dr Tirta mengingatkan penonton bahwa mengkonsumsi metanol berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian.

Dokter Tirta

“Kalau keracunan metanol bisa menyebabkan gagal nafas, paru-paru bermasalah, sehingga kita kesulitan untuk berputar oksigen dan menghambat kerja otak, hingga terjadi kematian,” ujar dr Tirta.

Baca Juga : Bahas Varian Omicron, Dokter Tirta: Waspada Boleh, Panik Jangan

dr Tirta kemudian menjelaskan tentang efek konsumsi alkohol etanol pada tubuh yaitu kehilangan penglihatan, penurunan refleks, penurunan konsentrasi, dan dapat terjadi gagal nafas. Ia pun menyarankan kepada orang yang sedang dipengaruhi alkohol untuk tidak mengemudi kendaraan.

“Orang kalau sudah mabuk atau kebanyakan alkohol sebisa mungkin gak nyetir, karena sudah kehilangan 3 indera, penglihatan blur, refleks blur, dan udah gak bisa konsentrasi, keseimbangan kita juga gak bagus,” jelas dr Tirta.

Baca Juga : Dokter Tirta: Keseleo Jangan Dipijat, Lakukan RICE

Bagi yang sudah penasaran dengan penjelasan lebih lanjut, yuk intip video lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

https://www.youtube.com/watch?v=jDbE5RmtvAE

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#drTirta

#smn

#starhits

#hitsrecords

#msin

#mncstudiosinternational

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini