Share

Vaksin Nusantara Dipersiapkan Jadi Booster

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 481 2520528 vaksin-nusantara-dipersiapkan-jadi-booster-jVx9pLEZCD.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: The scientist)

MENTERI Koordianator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memasukkan vaksin Nusantara ke dalam vaksin yang dipersiapkan untuk booster di 2022. Selain vaksin Nusantara, ada vaksin Merah Putih juga.

Vaksin Nusantara besutan Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto itu diharapkan bisa menjadi alternatif lain vaksin Covid-19 yang dapat dipilih masyarakat Indonesia.

 vaksinasi Covid-19

"Beberapa opsi vaksin booster menggunakan vaksin Merah Putih, kemudian vaksin kerja sama dalam negeri seperti vaksin Unair dengan Biotis, Bio Farma dan LBM Eijkman, Kalbe Farma dan Genexin, plus vaksin Nusantara," papar Airlangga dalam keterangan pers virtual, belum lama ini.

Airlangga menerangkan bahwa vaksin-vaksin booster tersebut akan segera disiapkan dan dimatangkan regulasinya, termasuk harga dari masing-masing tersebut.

Sebelumnya, Anggota Tim Peneliti Vaksin Nusantara Mayjen TNI (Purn) Daniel Tjen menjelaskan bahwa vaksin Nusantara diklaim dapat digunakan sebagai vaksin booster atau dosis ketiga. Menurutnya, vaksin Nusantara lebih memperkuat antibodi yang terbentuk dalam tubuh.

"Sifat sel dendritik yang ada di vaksin Nusantara memperkuat imunitas, karena itu dapat digunakan menjadi vaksin booster," papar Daniel di awal Oktober 2021.

Saat ditanya manakah vaksin Covid-19 yang paling baik yang ada saat ini, Daniel menjelaskan perlu waktu lima tahun untuk tahu mengenai hal tersebut. Sebab, perlu banyak data mengenai hal tersebut.

Terlebih, dengan kemunculan varian baru, ini terbukti menurunkan efektivitas vaksin Covid-19 yang ada. Jadi, sekali lagi dia menjelaskan, perlu waktu yang lama untuk bisa menarik satu kesimpulan vaksin mana yang paling oke. Itu pun berlaku untuk vaksin Nusantara yang masih terus dikembangkan saat ini.

 Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Bertambah 216 Sehari, DKI Tertinggi

Selain vaksin kerja sama dalam negeri dan Nusantara, pemerintah menyiapkan vaksin Sinovac, Pfizer, dan AstraZeneca untuk vaksin booster. Namun, ketiga vaksin tersebut untuk penggunaan booster masih memerlukan izin lebih lanjut dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini