3 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sebabkan Rambut Rontok

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 611 2520550 3-kebiasaan-yang-tanpa-disadari-sebabkan-rambut-rontok-k0F4xI35ve.jpg Rambut Rontok. (Foto: Highend)

RAMBUT adalah mahkota bagi para perempuan, oleh karena itu banyak perempuan mengeluarkan banyak biaya untuk merawat rambut mereka. Meski demikian, kadang-kadang perawat rambut yang dijalani tidak sesuai dan malah merusak rambut.

Ada beberapa kebiasaan yang dianggap sepele malah menyebabkan kerontokan serta kerusakan pada rambut. Memang, rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Selain akibat penyakit bawaan dan efek samping konsumsi obat-obatan, rupanya rambut rontok juga bisa terjadi karena sejumlah kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Kurangi melakukan kebiasaan berikut ini agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Rambut Rontok

Jarang mencuci rambut

Salah satu kebiasaan yang memicu kerontokan rambut adalah membiarkan rambut dalam keadaan kotor. Jika Anda memiliki kegiatan yang terlalu padat sehingga tidak punya waktu untuk membersihkan rambut, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini sekarang jika ingin rambut tetap dalam keadaan sehat dan kuat.

Kotoran akan menumpuk di kulit kepala sehingga dapat mengubah siklus alami pada kulit kepala yang dapat menjaga kekuatan rambut. Oleh karena itu, Anda harus mencuci rambut secara rutin untuk menghindari kotoran yang menyumbat folikel rambut.

Mandi air hangat

Mandi air hangat atau panas memang dapat membuat tubuh lebih rileks,namun hal ini tidak baik untuk kesehatan rambut, apa lagi jika dilakukan terlalu sering. Air panas dapat membuat batang rambut dehidrasi sehingga rambut menjadi kering dan rapuh; hal itulah yang membuat rambut lebih rentan rontok.

Selain itu, air panas juga dapat mengurangi kadar minyak pelindung pada rambut, sehingga terjadi produksi minyak berlebih oleh pori-pori kulit kepala yang justru merusak akar rambut.

Penggunaan hair styling dan mewarnai rambut

Menggunakan alat panas untuk menata rambut memang akan membuat rambut terlihat lebih stylish dan rapi, tetapi jika penggunaannya terlalu sering dapat membuat folikel rambut menjadi dehidrasi dan rentan terhadap kerusakan.

Tak hanya itu, terlalu sering mengganti warna rambut ternyata juga menjadi penyebab kerontokan pada rambut. Terlebih lagi jika melakukan over bleaching yang dapat membuat rambut menjadi lebih tipis, rapuh, dan mudah rontok.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini