Share

Tak Mau Mata Rusak karena Kebanyakan Webinar? Coba 4 Tips Berikut

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 612 2520488 tak-mau-mata-rusak-karena-kebanyakan-webinar-coba-4-tips-berikut-50xLkQbLo2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pandemi Covid-19 hampir semua kegiatan dilakukan secara online, mulai dari sekolah, belanja bahkan konsultasi kesehatan pun sekarang dilakukan secara online. Meskipun lebih praktis, tapi ada beberapa hal yang berimbas negatif pada seseorang.

Pasalnya, ketika seseorang lebih sering menatap layar gadget, maka akan bepengaruh terhadap kesehatan mata seseorang. Pasalnya, ketika kita bekerja dari rumah kita justru harus lebih lama berkontak dengan gawai.

Dengan kata lain, waktu menatap layar akan lebih lama dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini pun memicu masalah pada mata. Mata kering, gatal, sakit kepala di sekitar mata, hingga mata kemerahan jadi sederet masalah yang bisa timbul. Agar mata tetap sehat meski bekerja dari rumah, ikuti beberapa tips berikut seperti dilansir dari Highend.

Sesuaikan Intensitas Pencahayaan

Kesehatan mata

Pencahayaan yang tepat saat Anda di rumah sangat penting untuk mengurangi ketegangan pada mata. Sebab, kalau ada cahaya berlebihan, itu dapat menyebabkan rasa sakit atau masalah penglihatan lain.

Posisi layar

Kesehatan Mental

Tak bisa dimungkiri, kerja dari rumah membuat Anda bebas bekerja di manapun termasuk di sofa bahkan tempat tidur. Namun, demi mencegah masalah pada mata, sebaiknya tempatkan laptop sekitar 30 derajat di bawah garis lurus mata.

Istirahat

Mata

Menatap layar terus menerus selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit mata, juga leher dan bahu. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan istirahat sekitar 4-5 menit.

Perbesar huruf

https://img-highend.okezone.com/library/images/jenny-ueberberg-BaSeK7rwc1A-unsplash.jpg

Huruf yang lebih besar bakal mengurangi ketegangan pada mata saat bekerja. Jika ukuran huruf cukup besar, Anda tak perlu berusaha keras memusatkan fokus pada deret huruf. Ini akan sangat membantu saat Anda harus membaca dokumen yang cukup panjang.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini