Share

Musim Pancaroba, Kombinasi 3 Herbal Ampuh Jaga Imunitas Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 481 2520906 musim-pancaroba-kombinasi-3-herbal-ampuh-jaga-imunitas-tubuh-9N9LoJGAJX.jpeg Jintan hitam (Foto: Timesofindia)

INDONESIA sedang mengalami musim pancaroba, perubahan cuaca ekstrim yang memudahkan virus dan bakteri untuk berkembang. Kondisi tersebut menyebabkan berbagai penyakit yang dapat menyerang semua usia.

Beberapa penyakit yang sering menginfeksi di masa pancaroba adalah seperti Infeksi Saluran Nafas Akut (ISPA), Demam Berdarah Dengue (DBD), diare, dan flu. Tak hanya itu, saat ini Indonesia juga telah mengkonfirmasi varian baru Covid-19 Omicron.

Varian ini disebut memiliki kemampuan menular yang lebih cepat ketimbang varian-varian sebelumnya. Untuk menghadapi kedua risiko ini, masyarakat diimbau harus waspada dengan terus meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal), menjelaskan salah satu cara yang mudah dan praktis untuk dilakukan adalah dengan mengonsumsi kombinasi herbal habbatussauda, meniran, dan jahe.

“Sistem imun merupakan kunci dalam menjaga kesehatan di musim pancaroba karena tingkat keparahan infeksi dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu: patogenisitas, jumlah mikroorganisme, dan sistem imun tubuh manusia," kata dr. Inggrid, dalam siaran pers yang diterima MNC Portal, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga : 6 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Dokter Inggrid menjelaskan bahwa habbatussauda kaya akan asam amino dan antikosidan sehingga mampu mencegah berbagai penyakit yang bersifat inflamasi. Selain itu kandungan thymoquinone pada habbtussauda memiliki fungsi untuk membentuk dan memperkuat kekebalan tubuh.

Baca Juga : 4 Tips Jaga Kesehatan Selama Cuaca Ekstrem dari Pakar Kesehatan

Sedangkan, meniran mengandung zat aktif phyllanthin dan flavonoid yang berfungsi sebagai imunostimulan atau mengoptimalkan fungsi pertahanan tubuh. Jahe dapat meredakan penyakit yang sering muncul saat pancaroba yaitu flu dan masuk angin.

"Hal ini karena minyak atsiri dalam jahe memberikan sensasi hangat ke seluruh tubuh. Ketiga herbal inipun aman dikonsumsi dalam jangka waktu lama," lanjutnya.

Ia menambahkan selain efektif meningkatkan sistem imun tubuh, habbatussauda juga dapat dijadikan terapi tambahan pada pasien Covid-19. Kandungan thymoquinone dalam habbatussauda memiliki potensi menghentikan aktivitas virus corona dalam tubuh.

"Thymoquinone juga mampu memblokir badai sitokin yang merupakan komplikasi pada pasien Covis-19," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini