Share

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Gak Cuma Buat Masak!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 481 2520964 8-manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-tubuh-ternyata-gak-cuma-buat-masak-20n8zIhdK2.jpeg 6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh (Foto: Boldsky)

8 MANFAAT kunyit untuk kesehatan tubuh dapat Anda peroleh jika mengonsumsinya dengan rutin. Di Indonesia, kunyit memang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Namun, ternyata kunyit juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh? Melansir laman Health Cleveland pada Rabu (22/12/2021), berikut adalah 8 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Mengurangi peradangan

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

(8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Foto: Boldsky)

Untuk kondisi kronis di mana peradangan mulai mempengaruhi jaringan di tubuh Anda, mengonsumsi kunyit mungkin bermanfaat. Dalam satu studi pasien dengan kolitis ulserativa, mereka yang mengonsumsi 2 gram kunyit sehari bersama dengan obat resep lebih mungkin untuk tetap dalam remisi daripada mereka yang minum obat saja.

Baca Juga : 5 Khasiat Teh Kunyit, Salah Satunya Mengatur Kadar Gula Darah

Meningkatkan memori

Uji klinis lain menunjukkan bahwa 90 miligram kunyit yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan membantu meningkatkan kinerja memori pada orang dewasa tanpa demensia. Kunyit mungkin juga memiliki peran dalam mencegah perkembangan penyakit Alzheimer, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga : Kunyit Ternyata Bisa Hambat Terjadinya Badai Sitokin Loh

Mengurangi rasa sakit

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

(8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Foto: Boldsky)

Kunyit juga memiliki akar yang dalam dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda untuk mengobati radang sendi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit berpotensi mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Melawan radikal bebas

Kunyit memiliki sifat antioksidan dan satu penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dengan menetralkannya. Studi lain menunjukkan bahwa efek antioksidan kunyit juga dapat merangsang aksi antioksidan lainnya.

Menurunkan risiko penyakit jantung

8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

(8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh, Foto: Boldsky)

Dengan kemampuannya untuk membantu mengurangi peradangan dan oksidasi, kunyit dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu membalikkan proses penyakit jantung. Kunyit juga dapat membantu bila digunakan bersama dengan obat untuk mengelola kadar kolesterol.

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit aman dan dapat melindungi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol tertentu, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat seberapa banyak dan jenis apa yang efektif.

Membantu melawan depresi

Jika Anda mengalami depresi, protein yang dikenal sebagai brain-derived neurotrophic factor (BDNF) berkurang dan hippocampus Anda, yang membantu pembelajaran dan memori, mulai menyusut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan kadar BDNF dan dapat membalikkan perubahan.

Studi lain menunjukkan bahwa kunyit sama efektifnya dengan fluoxetine (Prozac) dalam mengurangi gejala depresi. Kunyit juga dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin yang merupakan bahan kimia di otak Anda yang mengatur suasana hati dan fungsi tubuh lainnya.

Membantu mencegah kanker

Kunyit dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kanker menurut beberapa penelitian. Satu studi, yang berfokus pada kanker kolorektal, melihat pengurangan 40% dari jumlah lesi di usus besar pada pria.

Meringankan gangguan menstruasi

Studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Tak hanya itu, kunyit juga diketahui dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini