Share

Setelah Rendang, Donasi Bumbu Masak Bentuk Solidaritas untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Helmi Ade Saputra, Okezone · Rabu 22 Desember 2021 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 612 2520921 setelah-rendang-donasi-bumbu-masak-bentuk-solidaritas-untuk-korban-erupsi-gunung-semeru-kzhF9dybHd.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

DONASI untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru masih terus berdatangan. Makanan menjadi salah satu yang paling dibutuhkan.

Sebagai bentuk solidaritas atas musibah letusanĀ gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, masyarakat Sumatera Barat, mulai menggalang donasi rendang untuk korban bencana alam tersebut.

Dikutip Antara, donasi rendang diinisiasi oleh mantan Wali Kota Padang, Fauzi Bahar, bekerja sama dengan lembaga sosial ACT, serta berbagai organisasi masyarakat, dengan target 5 ton rendang.

Donasi rendang merupakan bentuk balas budi dari warga Sumatera Barat kepada Kabupaten Lumajang yang pernah dibantu saat gempa hebat di Padang 2009 silam.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat memasak satu ton rendang untuk membantu meringankan beban korban bencana guguran awan panasĀ Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan memasak satu ton rendang bertajuk "Dharmasraya Marandang Peduli Lumajang" itu dipusatkan di kawasan Sentra Industri Logam (IKM) Gunung Medan dengan melibatkan seluruh OPD, camat, dan pihak terkait lainnya.

"Bantuan dari pemerintah dan masyarakat Dharmasraya ini untuk saudara kita yang terkena musibah di Lumajang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Humas Sekretariat Dharmasraya, Iwan Zamrud, di Pulau Punjung.

Baca Juga:Ā PPKM Level 4 Diperpanjang, Gerakan Donasi Harus Menginspirasi

Tak cuma itu, baru-baru ini masyarakat yang terdampak bencana juga mendapatkan donasi roti, bumbu masak, mi instan dari pihak lain. Semuanya langsung diserahkan ke dapur umum Candipuro.

Perwakilan Ajinomoto Darmanto mengatakan, pemberian donasi yang juga menggandeng Baznas ini tentu sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Sekaligus menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya bencana ini.

ā€œKejadian yang menimpa warga sekitar Gunung Semeru beberapa waktu lalu tentunya masih sangat melekat di benak kita semua dan meninggalkan rasa duka mendalam," ujarnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini