Share

Hari Ibu, Ini Solusi agar IRT Tak Mudah Stres Selama Pandemi

Muhammad Sukardi, Okezone · Rabu 22 Desember 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 612 2520995 hari-ibu-ini-solusi-agar-irt-tak-mudah-stres-selama-pandemi-pwCUD0aAtX.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PANDEMI Covid-19 memberi dampak cukup berarti untuk ibu rumah tangga (IRT). Mengurus rumah, melayani suami, menjadi guru bagi si kecil, hingga mengelola keuangan harus dikerjakan dalam satu waktu bersamaan di rumah saja.

Kondisi tersebut ternyata membuat ibu rumah tangga stres. Survei yang dilakukan oleh aplikasi Teman Bumil mencatat bahwa dari 1.192 responden, 56 persen atau lebih dari setengah ibu rumah tangga melaporkan stres.

"Sepanjang 2020, 56% dari 1.192 responden ibu rumah tangga mengaku alami stres dan gejala kecemasan, sulit tidur, serta mudah marah," terang survei tersebut dalam laporan VFresh Cap Lang yang diterima MNC Portal, Senin (20/12/2021).

Ibu Rumah Tangga

Stres yang dialami seseorang tentunya tidak akan memberi dampak baik, bukan hanya secara mental tetapi fisik. Ya, ketika seseorang mengalami stres, kesehatan fisiknya biasanya ikut terganggu.

Baca Juga : Wanita Cenderung Suka Mengalah, Psikolog Ungkap Alasannya

Hal ini juga yang disampaikan Stress and Anger Management Specialist Certified Meditation Instructor Bagia Saputra bahwa stres didefinisikan sebagai respons fisik dan psikis terhadap pemicu stres, baik itu yang muncul dari dalam diri maupun lingkungan.

Ibu Rumah Tangga

"Stres juga dapat berdampak pada hampir seluruh sistem biologis tubuh, emosi, dan perilaku seseorang," ungkap Bagia.

Baca Juga : Ibu Rumah Tangga Bunuh Diri Setiap 25 Menit, Apa Sebabnya?

Seorang ibu bernama Amelia Siska mengutarakan bahwa pandemi Covid-10 benar-benar memberi dampak pada kesehatan fisik dan mentalnya. Bahkan, ia mengaku sedih ketika ada orang yang memandang sebelah mata seorang ibu rumah tangga.

"Tugas seorang ibu rumah tangga itu bukanlah sesuatu yang gampang. Mulai dari mengatur seluruh kebutuhan rumah tangga, mengurus anak, dan menyiapkan segala keperluan suami. Makanya, sudah sedih aja kalau ada orang yang memandang sebelah mata ibu rumah tangga," curhatnya.

Sementara itu, Yanti Octavia, Senior Brand Manager VFresh Cap Lang coba membagikan salah satu trik supaya stres yang muncul bisa sedikit diatasi yaitu dengan aromaterapi. "Aku cukup bisa mengandalkan aromaterapi yang mengandung ekaliptus. Itu bisa bikin lebih tenang sekaligus melegakan pernapasan," kata Yanti.

Ibu Rumah Tangga

Tak hanya itu, Yanti pun mengajak masyarakat untuk sama-sama memahami peran ibu rumah tangga dan membantu mereka menemukan waktu untuk diri sendiri. Kampanye #SaatnyaAdaUntukIbu pun digalakkan di media sosial agar semakin masif lagi aksi nyata ini disebarkan ke semua ibu rumah tangga di Indonesia.

"Kampanye #SaatnyaAdaUntukIbu ini mengajak seluruh masyarakat menyuarakan dukungannya untuk para ibu super Indonesia yang sudah memberikan waktunya bagi keluarga," tambah Yanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini