Share

15 Kue Khas Natal dari Seluruh Dunia yang Siap Menggoyang Lidah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 298 2521495 15-kue-khas-natal-dari-seluruh-dunia-yang-siap-menggoyang-lidah-BocmLZgEKq.jpg 15 Kue Khas Natal (Foto: Cheapflights)

ADA 15 kue khas Natal yang juga paling ditunggu-tunggu pada momen spesial ini. Hampir di seluruh dunia, ketika merayakan Natal, mereka akan membuat kue khas Natal sesuai dengan masing-masing daerahnya.

Hampir semua kue Natal pastinya lezat dan menggoyang lidah. Selain itu, bentuk-bentuk dari kue Natal juga bisa dibilang cukup unik lho.  

Nah, untuk mengenal lebih jauh apa saja kue khas Natal, berikut adalah 15 kue khas Natal dari seluruh dunia, sebagaimana dilansir dari laman Cheapflights pada Kamis (23/12/2021).

1. Panettone

15 Kue Khas Natal

(15 Kue Khas Natal, Foto: Cheapflights)

Awalnya, panettone merupakan kue Natal khas Italia. Namun, kini sudah terkenal di seluruh penjuru Eropa karena rasanya yang enak. Kue bolu buah ini banyak dijajakan di etalase toko dengan harga yang cukup mahal. Meski begitu, banyak dari mereka yang tidak dapat menahan diri untuk membeli lima di tempat untuk masing-masing tetangga mereka.

Baca Juga : 9 Kue Manis yang Selalu Bikin Rindu Perayaan Natal

2. Pandoro

Juga populer di Italia saat Natal adalah pandoro yang lebih ringan dan empuk. Ini ragi dan manis dan biasanya ditaburi gula icing vanilla. Terkadang orang suka mengirisnya dan mengisi lapisan dengan krim atau gelato untuk menambah dekadensi.

3. Stollen

Roti manis yang dipanggang dengan buah di dalamnya ini memiliki beberapa varian. Namun, satu-satunya stollen asli yang bisa Anda jumpai adalah stollen asal Dresden, Jerman.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Natal dari Italia hingga Jamaika, Indonesia Apa?

4. Bremer klaben

15 Kue Khas Natal

(15 Kue Khas Natal, Foto: Cheapflights)

Bremer klaben adalah sejenis stollen dari Bremen. Perbedaan utamanya adalah tidak adanya gula bubuk di atasnya, jadi ini samar-samar seperti versi diet untuk orang Jerman yang sadar akan kesehatan tubuh mereka.

5. Turron

Salah satu alasan utama untuk pergi ke Spanyol selama Natal adalah turron. Kue berbentuk bata putih ketan yang tebal ini terkadang rapuh dan terkadang lembut seperti brie, tetapi hampir selalu diisi dengan almond.

6. Yule log

Hidangan Prancis ini, atau dikenal sebagai buche de Noel, cenderung masuk ke menu makanan penutup Natal di semua negara bahkan dengan hubungan terkecil ke Prancis. Ini adalah hidangan yang sangat aneh jika dilihat secara objektif yakni terlihat seperti batang kayu, dengan pohon-pohon kecil didorong di atasnya untuk membuatnya tampak lebih nyata.

7. Kransekake

Kransekake populer di Denmark dan Norwegia. Kue itu sendiri terdiri dari lapisan cincin konsentris, membentuk sesuatu seperti kue pengantin besar yang kenyal. Namanya berarti 'kue karangan bunga' tetapi holly bukan salah satu bahannya.

8. Awwamaat

15 Kue Khas Natal

(15 Kue Khas Natal, Foto: Cheapflights)

Donat mungil ini merupakan camilan Natal yang paling digemari di Timur Tengah. Ini tidak hanya diasosiasikan dengan kelahiran Yesus tetapi juga penyunatannya. Ini juga dikenal dengan nama onomatopoeic.

9. Kue buah

Populer di banyak negara Eropa pada waktu Natal adalah kue buah tua polos. Kue bolu yang diisi dengan beragam buah di dalamnya ini akan menghasilkan rasa yang enak sekaligus sehat.

10. Gozinaki

Di Georgia, makanan penutup Natal tradisional gozinaki secara tidak sengaja menjadi hidangan terakhir yang sempurna bagi orang-orang yang suka mengklaim bahwa mereka sedang menjalani diet paleo. Hampir seluruhnya terbuat dari kacang dan madu, jadi tidak ada gluten pada makanan ini.

11. Joulutorttu

Di Finlandia, joulutorttu sangat populer pada waktu Natal, dengan keluarga memanggang bintang-bintang ini dalam oven di seluruh negara yang musim dinginnya tepat.

12. Polvorones

15 Kue Khas Natal

(15 Kue Khas Natal, Foto: Cheapflights)

Kue kue yang rapuh dari Spanyol ini secara tradisional merupakan hal Natal, tetapi tidak lagi. Awalnya diperkenalkan oleh bangsa Moor di abad pertengahan, polvoron dilihat sebagai hidangan Arab pada abad ke-16.

Inkuisisi Spanyol memaksa pembuat roti untuk mulai membuatnya dengan lemak babi sebagai cara untuk mendeteksi Muslim dan Yahudi yang bersembunyi di Spanyol selatan.  Saat ini Anda bisa mendapatkannya dengan lemak sapi atau bahkan minyak zaitun untuk jenis sayuran.

13. Lebkuchen

Permen roti jahe pola dasar Jerman ini tidak sepenuhnya kue, tetapi jika Anda membuatnya dalam jumlah besar. Jangan lupa untuk menghiasnya dengan holly dan simbol Christamassy lainnya.

14. Kourabiedes

Di Yunani, bola roti pendek yang dikenal sebagai kourabiedes secara tradisional dibuat dengan cengkeh pedas. Satu cengkeh utuh di masing-masing adonan. Tentu, ini enak, tapi pastikan Anda mengunyah dengan benar sebelum menelannya.

15. Berner Honiglebkuchen

Lebkuchen serba gula ini berasal dari Berne, ibu kota Swiss. Ini artinya jika dibandingkan dengan haselnusslebkuchen kota, yang hampir seluruhnya terbuat dari hazelnut dan cocok untuk seorang raja. Di sisi positifnya, tidak ada dua honiglebkuchen yang memiliki rasa yang persis sama. Setiap toko roti menggunakan campuran rempahnya sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini