Share

Benarkah Produk Tembakau Alternatif Ramah Lingkungan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 612 2521631 benarkah-produk-tembakau-alternatif-ramah-lingkungan-llEtUMiYQg.jpg Tembakau alternatif (Foto: Shutterstock)

TELAH banyak penelitian tentang tembakau alternatif yang diklaim aman dan ramah lingkungan daripada rokok konservatif. Para pakar mulai meminta kejelasan soal regulasinya di berbagai dunia, tak terkecuali Indonesia.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada (UGM) Satria Aji Imawan mengatakan, semakin hari banyak orang pakai produk tembakau alternatif. Ya, selama ini banyak perokok kesulitan untuk berhenti merokok.

 tembakau alternatif

“Produk tembakau alternatif ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi perokok dewasa karena lebih rendah risiko dan lebih ramah lingkungan,” kata Satria lewat pesan singkatnya, belum lama ini.

Di Inggris misalnya, sudah banyak masyarakat yang beralih untuk memakai produk tembakau alternatif. Berdasarkan kajian, penggunaan tembakau alternatif umumnya tanpa proses pembakaran, maka risikonya lebih rendah daripada rokok.

“Kalau rokok, itu risiko terpapar TAR-nya tinggi, sementara produk ini tidak mengandung TAR dan hanya mengantarkan nikotin melalui proses pemanasan sehingga bisa mengurangi risikonya,” tambah dia.

Sebelumnya, Konsultan Emeritus di Rumah Sakit St Vincent dan Ketua Lembaga Australia21 sempat mengatakan, Inggris mendukung penggunaan produk tembakau alternatif yang diperkuat dengan regulasi. Hasilnya, angka perokok di negara tersebut mengalami penurunan.

“Pengaruh terhadap penggunaan produk tembakau alternatif terhadap tingkat merokok mulai dirasakan setelah tahun 2013. Sejak 2013, tingkat merokok di Australia hanya turun 0,3 persen per tahun, berbanding dengan Inggris 0,9 persen per tahun,” ucapnya.

Sementara itu, studi yang dilakukan Public Health England (PHE), lembaga eksekutif Departemen Kesehatan Inggris melalui laporan Evidence Review of E-Cigarettes and Heated Tobacco Products 2018 menyebut jika produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik memiliki risiko lebih rendah hingga 95 persen daripada rokok.

Baca juga: Tembakau Alternatif dengan Vape Ternyata Beda Loh

UK Committee on Toxicology (COT), bagian dari Food Standards Agency, juga menunjukkan kesimpulan positif bagi produk tembakau alternatif. COT menyimpulkan produk tersebut mengurangi bahan kimia berbahaya sebesar 50 persen hingga 90 persen dibandingkan dengan asap rokok.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini