5 Manfaat Konsumsi Kue Jahe Khas Natal untuk Kesehatan, Apa Saja?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 298 2522129 5-manfaat-konsumsi-kue-jahe-khas-natal-untuk-kesehatan-apa-saja-P92FQhakqI.jpg Kue jahe khas Natal (Foto: Harvest Baking)

JAHE adalah komponen bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Masyarakat sejak lama menggunakan jahe sebagai bahan obat, baik pengobatan oral maupun topikal.

Selain itu jahe juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan maupun campuran makanan dan minuman. Salah satunya adalah membuat kue jahe khas Natal.

 Kue jahe khas Natal

Ya, musim penghujan yang datang bersamaan dengan momen Natal tentu akan semakin terasa lengkap apabila ditemani dengan camilan nikmat yang menggugah selera.

Kue jahe ini memiliki aroma yang kuat yang mampu meningkatkan rasa makanan. Selain lezat kue jahe juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Merangkum dari dr Health Benefits, Jumat (24/12/2021), berikut lima manfaat kesehatan yang bisa diperoleh tubuh dengan mengonsumsi kue jahe.

1. Meringankan Gangguan Gastrointestinal

Jahe telah digunakan sebagai obat masalah pencernaan sejak lama. Dengan mengonsumsi kue jahe ini, Anda bisa meredakan gejala masalah pencernaan. Namun, jika gejalanya tidak berkurang setelah Anda mengonsumsi jahe, lebih baik Anda mengunjungi dokter.

 Baca juga: Lima Tips Mempercantik Kue Jahe Natal

2. Mengurangi Risiko Kanker Kolorektal

Jahe mengandung antioksidan dalam jumlah yang baik. Dengan begitu, konsumsi kue jahe sangat baik untuk mengoptimalkan peran antioksidan dalam tubuh. Salah satu perannya adalah melindungi tubuh dari kanker.

Disebutkan bahwa jahe, termasuk makanan dan minuman yang mengandung jahe, efektif untuk menurunkan risiko kanker kolorektal. Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh di usus besar yang dapat dengan mudah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

3. Meredakan Sakit Kepala

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, jahe juga dapat menurunkan pembekuan darah yang dapat menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, mengonsums kue jahe dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala.

4. Meredakan Batuk

Pengobatan tradisional dari seluruh dunia sering memasukkan jahe sebagai bahan obat utama untuk batuk. Rasa pedas jahe yang kuat mampu meredakan batuk dengan cara yang efektif. Jahe juga bisa meredakan gejala flu.

5. Mengobati Masalah Tenggorokan

Tidak hanya efektif untuk batuk, kue jahe yang sarat dengan jahe juga dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan tenggorokan. Kue ini efektif meredakan tenggorokan gatal bahkan sakit tenggorokan. Namun, Anda harus lebih memperhatikan gula yang digunakan untuk membuat kue. Sebab, terlalu banyak menambahkan gula, terutama gula buatan dapat memperburuk kondisi tenggorokan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini