Apa Itu Gula Kastor? Ini Bedanya dengan Gula Pasir

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 298 2522134 apa-itu-gula-kastor-ini-bedanya-dengan-gula-pasir-e9P3EfKB33.jpeg Apa itu gula kastor (Foto: Foodnetwork)

APA itu gula kastor? Dalam dunia memasak, istilah gula kastor mungkin sudah tak asing di telinga. Umumnya, gula kastor banyak digunakan di Inggris dan Australia.

Walaupun di Indonesia masih terdengar jarang, tetapi ada juga makanan yang dibuat menggunakan gula kastor sebagai salah satu bahannya. Melansir laman Food Network pada Jumat (24/12/2021), gula kastor adalah gula pasir yang digiling halus. Ini tidak sehalus gula confectioners, karena memiliki sedikit pasir, dan tidak berbentuk bubuk. Jadi, dalam hal tekstur, itu berada di antara butiran dan manisan.

Apa Itu Kastor

(Apa Itu Gula Kastor, Foto: Timesofindia)

Anda akan sering melihatnya dalam bahasa Inggris dan resep kue Australia untuk kue kering, kue, dan roti pendek, karena tersedia secara luas di toko bahan makanan di kedua negara, dan pada dasarnya merupakan gula kue yang biasa digunakan.

Gula Kastor vs Gula Pasir

Gula Kastor adalah sepupu "halus" gula pasir dan karena itu, gula ini larut lebih mudah daripada gula pasir, dan beratnya sedikit lebih banyak, jika diukur melalui volume (yaitu: secangkir gula kastor memiliki berat sekitar 225 gram dan secangkir gula pasir memiliki berat 200 gram).

Jika ini adalah resep memanggang dari Inggris atau Australia, maka kemungkinan besar gula kastor akan menjadi gula pilihan dalam segala hal mulai dari kue kering, kue, hingga meringue. Gula kastor banyak digunakan untuk membuat kue karena lebih mudah larut saat dipaduan dengan mentega atau tepung.

Baca Juga : Kurangi Kecanduan Gula, Coba Pakai Rempah-Rempah Ini

Baca Juga : 5 Cara Usir Semut di Dalam Stoples Gula Paling Efektif, Tanpa Bahan Beracun Lho!

Cara Membuat Gula Kastor

Apa Itu Gula Kastor

(Apa Itu Gula Kastor, Foto: Foodnetwork)

Membuat gula kastor sendiri sangatlah mudah, selama Anda memiliki pengolah makanan. Pada dasarnya Anda menuangkan gula pasir ke dalam mangkuk kerja pengolah makanan Anda dan memprosesnya sampai digiling halus, sekitar 1 hingga 2 menit tergantung pada jumlahnya.

Merupakan ide yang baik untuk memasukkan sedikit lebih banyak gula daripada yang diminta resep Anda ke dalam mangkuk, karena Anda mungkin kehilangan sebagian menjadi bubuk yang digiling halus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini