Share

4 Kesalahan Ibu Milenial saat Atur Keuangan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 22:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 612 2522314 4-kesalahan-ibu-milenial-saat-atur-keuangan-BtP1nxfyzs.jpg Ilustrasi. (Foto: Halomoney)

SEORANG ibu rumah tangga kebanyakan menjadi pemegang kendali keuangan rumah tangga. Namun para ibu kelak merasa mengalami masalah keuangan dalam hidupnya.

Masalah keuangan bisa muncul karena berbagai faktor. Certified Financial Planner Annisa Stefiani menjelaskannya beberapa faktornya.

Berbagai faktor yang tanpa disadari Anda alami selama hidup berumah tangga, khususnya soal keuangan. Yuk simak ulasannya Moms, biar enggak penasaran.

Sulit untuk mengontrol diri sendiri

 belanja

Coba Moms perhatikan, sejak adanya kemudahan untuk belanja online, terkadang Anda sulit mengatur keuangan. Apalagi saat ini setiap bulan selalu ada tanggal kembar yang menawarkan berbagai diskon besar-besaran. Padahal sebenarnya Anda tak terlalu membutuhkan barang tersebut, seperti halnya pakaian baru, makeup, skincare, kebutuhan produk rumah tangga dan sebagainya.

"Self control memang sulit soalnya ibu-ibu sering merasa, ih kok ada makeup lucu, beli. Lalu ada baju lucu, beli, dan ini sulit dikontrol sehingga pengeluaran rumah tangga mendadak jadi lebih besar dari biasanya," kata Annisa dalam acara webinar Bekal Mimpi Ibu Solusi Pengelolaan Keuangan ala #IbuMakinJago, baru-bari ini.

Enggan membuat catatan keuangan

Mulai sekarang jangan enggan untuk membuat catatan keuangan loh Moms. Padahal cara ini banyak manfaatnya untuk mengontrol keuangan. Alasannya simpel, Annisa menuturkan "Kita gak punya catatan keuangan karena diri sendiri kadang takut untuk mengontrol keuangan dan akhirnya belanja banyak, pengeluaran jadi bengkak."

Tak ada kebiasaan menabung

Seorang ibu penting loh memiliki kebiasaan untuk menabung. Sayangnya hal ini kurang dipahami dan diperhatikan.

Malahan niat untuk menabung pun selalu ditunda-tunda.

"Misalnya kita sendiri selalu bilang, oke kita mulai tapi bulan depan aja gitu karena merasa nanggung. Padahal kalau mau memulai menabung ya ga perlu nunggu bulan baru atau tahun baru," ujar Annisa.

Pakai kartu kredit untuk jadi dana darurat

 belanja

Tanpa disadari banyak dari Anda selalu mengandalkan kartu kredit untuk berbelanja barang kebutuhan yang sebenarnya yang tak terlalu diperlukan. Ali-alih, Anda juga menggunakan kartu kredit sebagai dana darurat.

Annisa mengatakan, saat menggunakan kartu kredit ini seolah Anda diberi keleluasaan menggunakan uang, padahal habit ini tidak baik karena itu adalah utang.

"Nah ini habit jelek dan utang untuk belanja. Kalau misalnya rumah dan mobil jadi aset jangka lama boleh saja. Tapi kalau melihat barang-barang di e-commerce lalu check out dan bayar pakai kartu kredit ini kebiasaan buruk. Ini harus di-cut dan cobalah konsumtif sesuai penghasilan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini