Share

Essential Oil Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 25 Desember 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 612 2522517 essential-oil-bisa-tingkatkan-imunitas-tubuh-ZrjWtSI7im.jpg Essential oil (Foto: Prevention)

IMUNITAS yang kuat mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit, termasuk Covid-19. Terlebih, saat ini ancaman Omicron semakin besar dengan bertambahnya kasus terus menerus.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara teratur, atau jika diperlukan minum multivitamin.

Selain itu, upaya lain yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan imunitas tubuh adalah menghirup essential oil atau minyak atsiri.

 Essential oil

"Benar, essential oil itu terbukti bisa meningkatkan imunitas tubuh," terang dr Nova Primadina, SpBP-RE, saat Live Instagram Series Okezone, Jumat malam (24/12/2021).

Dokter yang juga seorang dosen di Fakultas Kedokteran Muhammadiyah Surabaya tersebut menjelaskan bagaimana kemudian essential oil bisa memberi efek peningkatan imunitas.

Jadi, aroma yang keluar dari essential oil, ketika dihirup, aromanya akan dibawa ke otak. Setelah itu otak akan menyalurkan semacam molekul ke organ-organ pembentukan sistem imun tubuh. Dari sanalah essential oil bisa merangsang pembentukan sistem imun.

"Dengan menghirupnya langsung, ini memaksimalkan hasil dalam upaya merangsang pembentukan imunitas tubuh, dibandingkan dioles yang cara kerjanya melalui aliran darah," terang dr Nova.

Luar biasanya, cara kerja essential oil sebagai peningkat imunitas tubuh hanya membutuhkan waktu 4 detik. "Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setelah 4 detik kita menghirup essential oil, itu sudah bisa muncul efeknya sampai ke target organ dan merangsang sistem imun," paparnya.

Lantas, essential oil apa saja yang memiliki manfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh?

Menurut dr Nova yang merupakan seorang peneliti essential oil, ada beberapa essential oil yang bisa mempercepat proses peningkatan imunitas tubuh, seperti tea tree dan eucalyptus. "Dua essential ini memang secara ilmiah terbukti cepat meningkatkan imunitas tubuh," kata dr Nova.

Selain dua itu, dr Nova juga menjelaskan ada essential oil lainnya yang juga cukup bisa meningkatkan imunitas tubuh meski tidak secepat tea tree dan eucalyptus, seperti pine, rosemary, orange, tangerine.

Terkait dengan cara menghirupnya, dr Nova menyarankan bisa dengan diffuser atau langsung menghirup essential oil yang ada di dalam botol kaca gelap. Tapi, tetap ada tekniknya.

Jadi, kata dr Nova buat yang mau langsung menghirup essential oil, itu bisa dengan menempatkan si botol di depan lubang hidung kanan terlebih dulu misalnya. Hirup sebanyak 7 sampai 10 kali. Kemudian, bergantian ke lubang hidung kiri dengan jumlah hirupan yang sama.

 Baca juga: Mengenal 4 Jenis Essential Oil dan Manfaatnya

"Kenapa sih harus ganti-gantian enggak dua-duanya sekaligus? Ini berkaitan dengan memaksimalkan penyerapan essential oil ke otak, agar otak juga menangkap sinyal essential oilnya seimbang antara otak kanan dan kiri," terang dr Nova.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(DRM)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini