Share

5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Gak Cuma Buat Kerokan!

Hasyim Ashari, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 481 2522652 5-manfaat-minyak-kayu-putih-untuk-kesehatan-gak-cuma-buat-kerokan-PquU7Qfg0F.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MINYAK kayu putih biasanya digunakan orang Indonesia untuk kerokan. Tapi, ternyata ada manfaat lain dari minyak kayu putih yang masih jarang orang tahu. 

Minyak kayu putih merupakan minyak yang diekstraksi dari tumbuhan Eucalyptus globulus dan sub-spesies terkait. Minyak ini telah dipelajari secara ekstensif untuk kegunaan dan manfaatnya.

Studi menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Menghirup uap minyak kayu putih juga dapat membantu mengobati asma. Tidak hanya itu, ada manfaat lainnya yang didapatkan dari minyak kayu putih.

Penasaran dengan manfaat serta cara pemakaian minyak kayu putih? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Merawat Luka

Minyak Kayu Putih

Aktivitas antimikroba dalam minyak kayu putih membuktikan ekstrak daun eucalyptus dapat membantu melawan patogen Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli). Kandungan antibikroba dari minyak kayu putih tersebut dapat memperkecil risiko luka infeksi yang diakibatkan kedua patogen tersebut.

Baca Juga : Tasya Farasya Bingung Minyak Kayu Putih Boleh Diminum atau Tidak, Ini Hasil Penelitiannya

2. Meredakan Nyeri Otot

Kandungan eucalyptamint yang terdapat pada minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengobati nyeri otot dan sendi karena keseleo, radang sendi, memar, dan sakit punggung. Selain itu, minyak kayu putih memiliki respons fisiologis yang mampu menghilangkan rasa sakit pada otot.

Baca Juga : Viral Hotman Paris Terapi Minyak Kayu Putih dari Teko Panas, Netizen: Awas Kena Bibir

3. Dapat mengobati batuk

Kandungan cajuput dan sineol pada minyak kayu putih mampu membantu kamu dalam meredakan batuk. Selain mempunyai senyawa yang bersifat dekongestan alami, minyak kayu putih juga mempunyai kandungan yang mampu melegakan saluran pernapasan.

Kedua kandungan tersebut mampu membantu kamu dalam mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal pada tenggorokan.

4. Dapat membantu menyembuhkan sinus, pilek, dan flu

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bermanfaat untuk membantu meringankan gejala pilek dan flu. Eucalyptus memiliki sifat anti-inflamasi dan dekongestan. Secara tradisional, minyaknya digunakan untuk mengobati hidung tersumbat, asma, pilek, batuk, sinusitis, dan sakit tenggorokan.

Selain itu, kandungan fitokimia yang terkandung dalam minyak kayu putih juga dapat meringankan gejala rhinitis alergi. Minyak kayu putih dapat menjadi aromaterapi yang aman dan efektif bagi penderita gangguan pernafasan.

5. Dapat membantu pengobatan paru-paru

Pengobatan tradisional menggunakan minyak kayu putih dapat mengatasi gangguan pernapasan akut dan kronis. Hal itu karena komponen aktif seperti eucalyptol atau 1,8-cineole, menunjukkan sifat anti-inflamasi dan anti-infektif dalam kasus-kasus infeksi paru-paru dan radang paru-paru.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dari minyak esensial, seperti kayu putih, dapat membantu orang-orang dengan penyakit paru obstruktif kronik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini