Share

Campur Essential Oil dengan Air Mentah di Alat Diffuser, Boleh Gak SIh? Ini Kata Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 481 2522659 campur-essential-oil-dengan-air-mentah-di-alat-diffuser-boleh-gak-sih-ini-kata-dokter-7wByOVKqPT.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

ESSENTIAL oil sudah menjadi bagian dari kehidupan kaum urban saat ini. Menggunakan essential oil diharapkan bisa meningkatkan kualitas kesehatan dan kehidupan.

Cara penggunaan essential oil yang paling sering adalah dengan menguapkannya di alat diffuser. Uap yang keluar dari alat memancarkan aroma yang kemudian bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk mengatasi stres, membuat lebih rileks, bahkan meningkatkan imunitas tubuh.

Nah, bicara soal teknik meng-diffuser essential oil, masih banyak masyarakat yang tidak paham pakai air jenis apa yang direkomendasikan ahli, apakah air mentah boleh?

Minyak Essential

Dokter Nova Primadina, SpBP-RE, yang juga seorang peneliti essential oil menjelaskan bahwa penggunaan essential oil di diffuser sebaiknya menggunakan air murni atau aqua distillata. Ini berkaitan dengan memaksimalkan manfaat yang terkandung di dalam essential oil.

"Kami sangat merekomendasikan penggunaan essential oil di alat diffuser dengan air murni atau aqua distillata, bukan air mentah atau air langsung dari kran begitu," terangnya di Live Instagram Series Okezone.

Baca Juga : Essential Oil Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Baca Juga : Dokter: Essential Oil Pala Fakfak Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Memangnya apa yang akan terjadi jika menguapkan essential oil dengan air mentah?

Dijelaskan dr Nova, itu sama saja seperti Anda minum air mentah tapi ini secara tidak langsung melalui hidung karena menghirup uap dari alat diffuser essential oil. "Kan itu jadi tidak sehat, ya," tegasnya.

"Pada beberapa orang yang memiliki sensitivitas tinggi, itu bisa saja membuat hidung terasa tidak nyaman dan memberi efek kurang baik pada tubuh secara keseluruhan. Apalagi essential oilnya tidak 100% natural," tambah dr Nova.

Selain itu, ketika menguapkan essential oil pakai air mentah, essential oil yang harusnya dihirup maksimal ke tubuh, malah berkurang karena mereka mesti bekerja dengan membunuh mikroba di dalam air mentahnya. Itu kenapa juga ahli tidak menyarankan pakai air mentah untuk menguapkan essential oil.

Anda perlu tahu, dari 1 jenis essential oil itu bisa mempunya beragam manfaat, karena dalam 1 jenis essential oil bisa mengandung 200 sampai 300 jenis senyawa kimia yang terbukti baik untuk tubuh.

"Meski mengandung banyak manfaat, essential oil itu tidak menyebabkan efek adiktif atau kecanduan dikarenakan semua unsur yang ada di dalam essential oil berbahan alami," ungkap dr Nova. Jadi, kalau essential oil masuk ke tubuh, yang berlebihan akan dikeluarkan secara otomatis karena tubuh mempunyai mekanisme penyaringan otomatis.

Artinya, essential oil yang masuk ke tubuh bekerja ke bagian tubuh yang membutuhkan, nah sisanya yang tidak terpakai akan keluar lewat organ-organ pembuangan tubuh seperti ginjal lewat urine, paru-paru lewat udara pernapasan yang dikeluarkan, dan kulit lewat keringat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini