Share

3 Essential Oil yang Paling Populer Sepanjang 2021

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 481 2522794 3-essential-oil-yang-paling-populer-sepanjang-2021-71HFvbfBmj.jpeg Essential oil peppermint (Foto : Medicaldaily)

ESSENTIAL oil menjadi bagian dari kehidupan masyarakat urban saat ini. Barang yang satu ini bukan hanya mampu membuat tubuh rileks, tidur lebih nyenyak, atau menaikkan mood. Sudah terbukti secara ilmiah bahwa essential oil itu meningkatkan imunitas tubuh.

Ya, imunitas tubuh yang kuat menjadi 'barang penting' di masa pandemi seperti sekarang. Itu kenapa banyak orang juga mulai menggilai essential oil. Bahkan, beberapa menjadikan essential oil sebagai 'teman sejati' untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, apakah Anda tahu bahwa ada 3 essential oil yang paling banyak dipakai sepanjang 2021? Menurut penuturan Ahli Essential Oil dr Nova Primadina, SpBP-RE, berdasarkan risetnya, berikut 3 essential oil tersebut:

1. Eucalyptus

Minyak Kayu Putih

Essential oil Eucalyptus globulus adalah salah satu yang cukup populer di 2021. "Banyak yang mengira tanaman ini mirip dengan minyak kayu putih, padahal sebenarnya mereka adalah jenis tanaman yang berbeda," terang dr Nova dalam keterangan tertulis yang diterima MNC Portal, Sabtu (25/12/2021).

Mengapa essential oil ini populer di 2021?

Menurut dr Nova, itu karena essential oil ini bisa memberikan efek melegakan saluran pernapasan. Alasan lain karena banyak orang mengira essential oil ini bisa jadi terapi Covid-19 yang padahal belum terbukti secara ilmiah.

"Tapi, memang essential oil Eucalyptus itu terbukti mengandung senyawa antivirus yang bisa melawan virus corona penyebab flu dan batuk pilek, bukan Covid-19," papar dr Nova.

Essential oil Eucalyptus juga punya senyawa anti-inflamasi yang potent, salah satunya disebut 1,8 cineole (eucalyptol). "Senyawa tersebut dapat membantu merangsang proses peningkatan imunitas tubuh," tambahnya.

Baca Juga : Essential Oil Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Baca Juga : Campur Essential Oil dengan Air Mentah di Alat Diffuser, Boleh Gak SIh? Ini Kata Dokter

2. Cajuput

Essential oil Cajuput inilah yang kita kenal dengan minyak kayu putih sesungguhnya. Sejatinya essential oil ini punya fungsi yang hampir sama dengan Eucalyptus karena mengandung senyawa 1,8 cineole.

Tapi, kata dr Nova, selain melegakan saluran pernapasan dan meningkatkan imunitas tubuh, essential oil Cajuput juga bisa mengeluarkan gas berlebihan yang terbentuk di saluran pencernaan atau anti-carminative.

"Essential oil Cajuput berasal dari tanaman Melaleuca cajuputi yang merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Essential oil Cajuput banyak kita jumpai dalam campuran minyak telon atau minyak kayu putih," terang dr Nova.

3. Peppermint

Essential Oil

Sama dengan dua essential oil sebelumnya, Peppermint juga diketahui memiliki senyawa 1,8 cineole yang berfungsi melegakan saluran napas dan meringankan gejala batuk pilek.

Tapi, beberapa orang lebih menyukai peppermint karena ada sensasi lain yang dirasakan saat menghirupnya, yaitu sensasi sejuk dan efek dingin ke kulit. Itu yang bikin essential oil ini populer sepanjang 2021.

"Essential oil Peppermint itu berasal dari daun tanaman Menta piperita. Selain melegakan saluran napas, bisa juga meredakan gejala mual. Tapi kami tidak menyarankan penggunaannya bagi ibu hamil di trimester pertama dan tiga, serta bayi di bawah usia 6 bulan," papar dr Nova.

Meski essential oil memberi manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, dr Nova sangat mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengandalkan essential oil sebagai pengobatan tunggal alias tidak lagi mengandalkan obat-obatan sebagai terapi utamanya.

"Essential oil itu hanya digunakan sebagai terapi suportif, bukan terapi utama. Artinya, kalau Anda sudah didiagnosis penyakit, maka terapi medis tetap harus dijalankan, tapi boleh ditambahkan essential oil ini. Jangan hanya mengandalkan essential oil untuk menyembuhkan penyakit," terang dr Nova saat menjadi narasumber di Live Instagram Series Okezone, Jumat malam (24/12/2021).

"Beda dengan Anda yang kondisi kesehatannya baik. Essential oil bisa digunakan untuk memastikan tubuh kuat dan selalu sehat. Tapi, tetap harus diperhatikan terkait dosis tetes essential oil dan jangan pernah meminum essential oil," tambah dr Nova.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini