Share

Musim Hujan, Konsumsi Jintan Hitam dan Madu Bantu Tubuh Gak Gampang Sakit

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 481 2522884 musim-hujan-konsumsi-jintan-hitam-dan-madu-bantu-tubuh-gak-gampang-sakit-qBrl4LiFST.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

MUSIM hujan berbarengan selama pandemi Covid-19 tentu akan membuat tubuh semakin rentan untuk jatuh sakit. Sebab pada musim penghujan bakteri menjadi lebih aktif dan semakin cepat berkembang biak. Alhasil, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal penting yang wajib dilakukan.

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan cara rutin berolahraga dan mengatur asupan makanan. Namun, mengonsumsi herbal tradisional Indonesia juga bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai ancaman penyakit.

Jintan Hitam

Sebagaimana diketahui, Indonesia memang kaya akan tanaman herbal. Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Afifah K. Vardhani, M.Si menyebut madu dan habbatussauda adalah kombinasi yang tepat dan berfungsi sebagai imunostimulan untuk memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Habbatussauda atau Nigella sativa merupakan obat herbal untuk berbagai macam jenis penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Habbatussauda memiliki berbagai kandungan gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1, B6, C, dan E," kata dr. Afifah, dalam siaran pers yang diterima MNC Portal.

Baca Juga : Musim Pancaroba, Kombinasi 3 Herbal Ampuh Jaga Imunitas Tubuh

Ia menambahkan bahwa herbal tersebut termasuk dalam kelompok imunostimulan fitogenik dengan kandungan thymoquinone. Fungsinya sebagai antioksidan, antiinflamasi, antivirus, antimikroba, dan imunomodulator.

Baca Juga : Studi: Kombinasi Jintan Hitam dan Madu Percepat Pemulihan Pasien Covid-19

Sedangkan madu mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, K, asam fenolik, karotenoid, flavonoid. Senyawa fitonutrien pada madu dapat memperkuat sel imun dalam tubuh.

"Mengkonsumsi madu secara rutin dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas dan metabolisme tubuh akan menjadi lebih kuat," tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini