Cara Panggang Bika Ambon Bersarang Bagus, Dijamin Anti Gagal!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 298 2523158 cara-panggang-bika-ambon-bersarang-bagus-dijamin-anti-gagal-hwWXjaqTnx.jpeg Cara panggang bika ambon bersarang bagus (Foto: Cookpad)

CARA panggang bika ambon bersarang bagus banyak dicari untuk yang hobi bikin kue. Bika ambon merupakan panganan khas Medan, Indonesia yang banyak dijadikan oleh-oleh.

Namun, seiring dengan banyaknya penggemar bika ambon, kue yang satu ini kini mudah ditemukan di berbagai kota, termasuk Jakarta. Cara membuat bika ambon ini bisa dibilang tidak mudah. Pasalnya, bila tidak dibuat dengan cara yang benar maka kue ini pun akan mudah mengeras. Bika ambon terbilang enak jika kuenya lembut dan bersarang.

Nah, untuk membuat kue bika ambon menjadi lembut dan bersarang, berikut MNC Portal berikan resepnya sebagaimana dilansir dari laman Cookpad pada Senin (27/12/2021).

Cara Panggang Bika Ambon Bersarang Bagus

(Cara Panggang Bika Ambon Bersarang Bagus, Foto: Cookpad)

Bahan A:

- 350 ml Santan (130 ml santan instan + air)

- 6 Lembar Daun Jeruk, remas-remas

- 2 Batang Serai, geprek

- 1/2 sdt Bubuk Kunyit

- Sejumput Garam

- 1 lembar Pandan

Bahan B:

- 70 gr Tepung Terigu

- 150 gr Tepung Tapioka/Sagu

- 1 sdt Ragi instan, pastikan masih aktif

Bahan C:

- 3 butir Telur, suhu ruang

- 150 gr Gula pasir

- 1 sachet Krim Kental Manis (atau 2.5 sdm)

Bahan D:

- 60 gr Margarin, cairkan

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Bika Ambon Berasal dari Medan

Baca Juga : Cara Membuat Bika Ambon khas Medan Lembut di Mulut

Cara membuat:

- Campur semua bahan A, masak dan didihkan. Sisihkan dan biarkan dingin.

- Membuat bahan B: Dalam wadah, masukkan tepung terigu dan tapioka atau sagu sambil diayak. Masukkan ragi, aduk rata dengan sendok atau spatula.

- Setelah larutan santan tidak panas lagi, masukkan ke dalam wadah tepung, sambil disaring. Aduk rata adonan dengan whisker, sampai tepung tidak bergerindil. Sisihkan, diamkan 15 menit dan tutup wadah dengan serbet.

- Lelehkan bahan D (margarin), sisihkan. Siapkan bahan C: Kocok lepas telur, masukkan gula dan SKM, aduk dengan whisker sampai tercampur rata saja.

- Setelah 15 menit, ambil adonan, tuang bahan C (telur) dan bahan D (margarin) ke dalam adonan. Aduk rata adonan dan tutup lagi wadah dengan serbet selama 1 - 1.5 jam.

- Panaskan cetakan dengan api kecil, olesi dengan sedikit minyak atau margarin. Setelah cetakan panas, ambil adonan, aduk rata kembali dan tuang ke dalam cetakan 2/3 tinggi.

- Masak dengan api kecil agar tidak gosong. Tunggu sampai adonan keluar pori-pori di permukaannya, lalu tutup.

- Jika permukaan sudah tidak basah dan bagian bawah sudah kecoklatan, bika ambon bersarang siap diangkat dan dihidangkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini