Hati-Hati! Omicron Bisa Infeksi Orang yang Sudah Vaksin 2 Dosis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 196 2523868 hati-hati-omicron-bisa-infeksi-orang-yang-sudah-vaksin-2-dosis-Esywemqr3E.jpg Varian Omicron (Foto: Al Arabiya)

VARIAN Omicron dikenal tidak menyebabkan gejala serius pada tubuh saat menginfeksi. Meski demikian, karena penyebarannya sangat mudah dan cepat, ini menjadi masalah serius yang harus diperhatikan.

Sebab, sekalipun keparahannya lebih kecil, tapi varian Omicron bisa menginfeksi banyak orang dan pada akhirnya tetap memberi beban pada fasilitas kesehatan, meski sekali lagi, tidak menyebabkan masalah serius.

 omicron

Karakteristik lain yang dimiliki Omicron adalah tetap bisa menginfeksi orang yang sudah divaksin 2 dosis. Diterangkan Peneliti Eijkman Profesor Amin Soebandrio, itu karena mutasi yang sangat masif pada 'body' Omicron.

"Vaksin dikembangkan untuk bisa bekerja mengenali bagian tertentu dari virus. Itu kenapa vaksin dibuat harus spesifik supaya tidak bereaksi dengan virus yang lain atau malah bereaksi pada tubuh manusia sendiri," papar Prof Amin saat diwawancarai langsung MNC Portal di Auditorium Eijkman, Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Menjadi masalah di sini, bagian spesifik pada Omicron mengalami perubahan sangat banyak dan ini menyulitkan antibodi yang terbentuk karena vaksin mengenali virus. "Kalau ada perubahan di virus secara signifikan, antibodi jadi tidak begitu mampu mengenali. Itu kenapa orang yang sudah divaksin dosis lengkap tetap berisiko terpapar Omicron," terangnya.

Omicron sendiri dijelaskan Prof Amin mengalami mutasi sampai 50 kali, dengan 30 di antaranya berada di Spike-nya. Karena karakteristik tersebut, antibodi yang terbentuk karena vaksin tidak begitu mengenali.

Selain tubuh tetap bisa terinfeksi, mutasi yang masif ini memberi pengaruh juga pada efikasi vaksin. Artinya, antibodi yang dibentuk vaksin tidak begitu mampu melawan Omicron.

Tapi, vaksin booster diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi masalah ini. Ya, dengan vaksin booster, diharapkan kadar antibodi semakin tinggi dan pada akhirnya bisa melawan Omicron.

 Baca juga: Omicron Sempat Mampir ke SCBD, Penggunaan Masker Kembali Jadi Sorotan

"Dengan booster, sekalipun antibodi yang terbentuk tetap kurang kuat, tapi jumlah antibodi menjadi banyak dan ini bisa mengatasi Omicron. Itu kenapa pemberian booster menjadi penting setelah Omicron muncul," terang Prof Amin.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini