Tips Beli Umami Halal, Bumbu Masakan Jepang yang Lagi Hits

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 298 2523934 tips-beli-umami-halal-bumbu-masakan-jepang-yang-lagi-hits-6GfcYNwRl7.jpg Ilustrasi. (Foto: Sheknows)

BUMBU umami masakan Jepang selalu identik dengan bahan tak halal karena mengandung arak. Anda pun harus jeli melihat komposisi bahan sebelum membeli.

Di Indonesia telah banyak pilihan bumbu bercita rasa umami yang halal dikonsumsi. Soal rasa pun juga tak jauh berbeda dari bumbu masak khas Jepang yang asli.

Anda pun perlu mengetahui bagaimana tips membeli bumbu masakan Jepang. Salah satu yang terpenting adalah baca komposisi label.

Ketika memilih saus yang tepat Anda akan menghidangkan kualitas makanan terjamin lezat. Komposisi bahan dalam saus ini biasanya mengandung bahan-bahan bercita rasa umami yang pas di lidah.

Selain membaca bahan dasarnya, Anda juga memperhatikan kandungan alkohol atau arak di dalam saus. Paling mudah, biasanya dalam kemasan tercantum tulisan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) serta halal dari MUI.

Baca Juga: Sejarah Singkat kenapa Lada Miliki Gelar Raja Rempah

 masakan jepang

"Saus oriental berbahan baku lokal kini sudah banyak menggantikan produk sejenis di pasaran yang mempunyai

kandungan arak atau bahan lain yang mengandung alkohol," kata Wakil Presiden Direktur Ajinomoto Indonesia Saori Fumihiro Kobayashi, dalam acara Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 Kemenperin RI.

Sebelumnya, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof Dr Hardinsyah, MS mengatakan bahwa penggunaan bumbu umami bisa menggantikan garam. Garam mengandung tinggi natrium yang bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

“Jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi, namun juga ingin diet rendah garam, dengan menggunakan bumbu umami," paparnya.

Prof Hardinsyah juga mengungkap bahwa banyak penelitian di luar negeri, seperti di Jepang. Salah satu studi menunjukkan bahwa penggunaan bumbu umami bisa menjadi strategi diet rendah garam.

"Kandungan natrium dalam bumbu ini hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini