Share

3 Perbedaan Utama Gejala Omicron dengan Delta, Waspada jika Mudah Lelah!

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 481 2523864 3-perbedaan-utama-gejala-omicron-dengan-delta-waspada-jika-mudah-lelah-gBGLYA6ot0.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

VARIAN Omicron semakin meresahkan banyak negara. Mutasi Covid-19 ini tak hanya menular lebih cepat, tetapi memiliki gejala yang berbeda dari varian Delta. 

Sayangnya gejala Omicron sering tidak disadari orang yang terinfeksi. Dilansir dari laman Times of India, berikut ini adalah gejala Anda tertular oleh Omicron yang mana tanda-tandanya ada yang berbeda dengan varian Delta.

1. Omicron tidak menimbulkan sesak napas

Gejala Omicron

Salah seorang dokter All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) mengungkapkan, bahwa Omicron mungkin tidak menyebabkan sesak napas seperti Delta atau varian Covid-19 sebelumnya, karena kemungkinan varian baru ini berkembang biak di tenggorokan saja, bukan di sistem pernapasan.

Oleh karena itu, dampak infeksi Omicron terhadap paru-paru kemungkinan kecil. Artinya, tidak seperti infeksi Delta di mana sekelompok besar penduduk dirawat di rumah sakit dan menderita pneumonia, hal yang sama mungkin tidak terjadi pada kasus varian baru.

Baca Juga : Omicron Sempat Mampir ke SCBD, Penggunaan Masker Kembali Jadi Sorotan

2. Menembus kekebalan tubuh yang sudah divaksin

Para ahli percaya bahwa varian Omicron dapat melampaui kekebalan yang diberikan oleh infeksi dan vaksinasi alami. Risiko infeksi terobosan lebih tinggi pada kedua kasus.

Namun sampai sekarang ini, belum ada laporan yang bisa dikatakan kebenaran penelitian tersebut, bahwa Omicron dapat menembus kekebalan tubuh yang sudah divaksin.

Untuk itu para pembuat vaksin sedang menguji masing-masing, untuk mengevaluasi efektivitasnya pada vaksin baru. Apakah vaksin yang sudah disuntikkan dapat mencegahnya, atau malah sebaliknya.

Baca Juga : Pasien Transmisi Lokal Omicron Juga Tak Alami Gejala

3. Mudah kelelahan

Para ahli mengungkapkan bahwa kelelahan, nyeri sendi, pilek, dan sakit kepala adalah empat tanda umum dari omicron yang berbeda dari varian Delta.

Selain itu, hilangnya penciuman dan rasa, yang merupakan tanda-tanda umum Delta, hampir tidak terlihat dalam kasus Omicron.

Lantas bagaimana cara mencegahnya? Seperti pada imbauan sebelumnya, mengenakan masker, menjaga kebersihan dan mendapatkan vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari tertular Omicron.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini