Beautypedia, 5 Bagian Tubuh yang Mungkin Anda Lewatkan saat Pakai Tabir Surya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 611 2523899 beautypedia-5-bagian-tubuh-yang-mungkin-anda-lewatkan-saat-pakai-tabir-surya-YkXc6TsNOO.jpg Tabir surya (Foto: Shutterstock)

MELINDUNGI kulit Anda dari sinar matahari seharusnya tidak hanya menjadi kebiasaan musim panas. Kulit Anda harus dilindungi dari sinar matahari setiap saat, selama semua musim dan bahkan ketika Anda berada di dalam ruangan.

Bagaimanapun, sinar ultraviolet yang berbahaya yang bertanggung jawab atas kanker kulit, kulit terbakar matahari dan penuaan dini, tidak hilang hanya karena cuaca di luar dingin atau mendung.

Bahkan jika Anda sudah memiliki kebiasaan memakai tabir surya setiap hari, mungkin ada bagian tubuh Anda yang cenderung diabaikan, entah karena tidak nyaman mengoleskan tabir surya atau karena area tersebut tampaknya tidak mendapat cukup sinar matahari.

Melansir laman Pinkvilla pada Selasa (28/12/2021), berikut adalah 5 tempat bagian tubuh yang mungkin Anda lewatkan saat memakai tabir surya.

 telinga

1. Telinga

Berkat semua lipatannya, telinga bukanlah tempat yang paling mudah untuk mengaplikasikan SPF. Tapi mereka mendapatkan banyak sinar matahari, jadi jangan lewatkan mereka bahkan jika Anda memiliki rambut panjang.

Telinga adalah lokasi paling umum ketiga untuk kanker kulit. Oleskan tabir surya krim spektrum luas SPF 30 atau lebih tinggi untuk meminimalkan risiko Anda.

2. Kelopak mata

Kulit di sekitar mata Anda tipis, dan itu membuatnya rentan terhadap kanker kulit serta tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan bintik matahari.

Kanker kulit pada kelopak mata menyumbang hingga 10 persen dari semua kanker kulit. Untuk perlindungan tanpa perih, pilih tabir surya mineral yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida, atau gunakan krim mata yang mengandung SPF.

3. Bibir

Kanker kulit juga dapat berkembang di bibir Anda. Untungnya, melindungi area ini sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Ini adalah praktik yang baik untuk membantu mencegah perkembangan kanker kulit dan kerutan di area tersebut. Ini juga mencegah hiperpigmentasi pada bibir.

 

4. Leher dan Dada

Anda mungkin rajin mengoleskan tabir surya ke wajah Anda sebelum meninggalkan rumah, tetapi pastikan Anda juga menunjukkan cinta pada leher Anda.

Sekitar 20 persen dari semua kasus melanoma baru ditemukan di daerah kepala dan leher. Yang terbaik adalah menggunakan seng oksida tipis di dada dan leher.

5. Kaki

Kecuali Anda mengenakan sepatu dengan cakupan penuh seperti sepatu kets, kaki Anda mungkin menyerap banyak sinar. Telapak kaki Anda, di sisi lain, umumnya lebih terlindungi karena lapisan tebal sel kulit mati.

Tetapi jika bagian bawah kaki Anda akan terkena sinar UV entah bagaimana misalnya, jika Anda berbaring tanpa alas kaki di pantai Anda harus menerapkan SPF ke area ini, karena melanoma juga dapat berkembang di sana.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini