Share

10 Kuliner Indonesia yang Terkenal di Dunia, Ternyata Gak Cuma Rendang Lho!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 298 2524218 10-kuliner-indonesia-yang-terkenal-di-dunia-ternyata-gak-cuma-rendang-lho-WChGIQyiT2.jpeg Sop buntut (Foto: IG/@eunice_euston)

INDONESIA yang memiliki beragam budaya menghasilkan kuliner yang beraneka rasa. Setiap daerah pun punya makanan khas yang lezat dan bahkan terkenal sampai ke mancanegara.

Kira-kira makanan Indonesia yang mana saja yang sudah terkenal bahkan mendunia? Dirangkum MNC Portal pada Rabu (29/12/2021), berikut adalah 10 makanan Indonesia yang sudah dikenal di dunia.

Rendang

Rendang

Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat, terutama terdiri dari potongan daging sapi tebal yang dimasak perlahan selama beberapa jam dalam campuran santan dan rempah-rempah. Prosesnya bergantian antara merebus dan menggoreng karena sebagian cairan menguap sampai kuahnya mengering dan terserap dengan baik ke dalam daging.

Hasilnya adalah potongan daging yang sangat empuk dan berair, dengan kuah yang dikurangi saja sudah sangat enak untuk dicampur dengan nasi, yang biasanya disajikan di sisi piring.

Baca Juga : Kreasi Masakan Padang Kekinian ala Chef Axhiang MasterChef Indonesia, Yummy!

Nasi Goreng

Nasi Goreng

Nasi goreng adalah hidangan sederhana dan sehat yang hadir dalam berbagai gaya. Pada dasarnya, nasi putih kukus dilemparkan ke dalam wajan panas atau penggorengan bersama dengan cabai, terasi, bawang merah, bawang putih, saus tomat dan kecap kemudian beberapa bahan tambahan ditambahkan sesuai preferensi koki.

Ini termasuk ayam, domba, sapi, kacang hijau, kubis, jamur, telur goreng atau orak-arik dan irisan mentimun untuk hiasan. Tidak ada resep yang persis sama di seluruh negeri. Biasanya, beberapa pejual juga akan menyajikannya dengan kerupuk.

Baca Juga : Resep Nasgor Kemangi ala Rachel Vennya, Tanpa Telur Tetap Sedap!

Sate

Sate Ayam

Ada banyak variasi sate di seluruh nusantara, baik dari daging yang digunakan maupun saus yang menyertainya. Umumnya, sate dibuat dengan terlebih dahulu mengasinkan potongan daging sapi, kambing, ayam, atau ikan berukuran seragam dengan bumbu dan bumbu, sebelum ditusuk dan dipanggang di atas arang panas.

Biasanya disajikan dengan sambal kacang panas dan pedas, potongan mentimun, bawang merah, dan nasi atau irisan lontong atau ketupat, bahkan juga nasi di sampingnya.

Baca Juga : 5 Jenis Sate Khas Indonesia, Lezat dan Mudah Ditemui

Bakso

Bakso

Bakso adalah salah satu jajanan kaki lima paling populer di Indonesia, dijual oleh sebagian besar jajanan yang akan Anda temukan di seluruh Indonesia. Semangkuk bakso sering disajikan dengan bihun atau mie telur, tahu, telur rebus yang dilapisi campuran bakso yang sama, cabai, potongan bawang goreng yang renyah dan kecap manis secukupnya.

Bakso bisa dari daging apa saja, dari daging sapi, ayam hingga ikan dan bahkan babi. Ukurannya pun beragam, dari kelereng kecil hingga bola tenis!

Gado-Gado

Gado-Gado

Gado gado adalah salad sayuran favorit Indonesia, terdiri dari campuran sayuran seperti kubis, labu siam dan pare (kebanyakan dikukus atau direbus), bersama dengan tahu dan tempe goreng, dan lontong atau ketupat.

Adonan tersebut disiram dengan saus kacang manis hingga pedas. Gado gado juga hadir dalam berbagai variasi, sesuai dengan pilihan sayuran yang digunakan.

Sop Buntut

Sop Buntut

Sop buntut adalah sajian daging yang berasal dari Jawa Barat. Satu porsi umumnya terdiri dari irisan buntut sapi (biasanya digoreng tetapi dalam kebanyakan kasus dipanggang), dalam kaldu bening yang diresapi dengan bawang merah, bawang putih, merica, pala dan cengkeh.

Penyajiannya sangat bervariasi, tetapi kebanyakan meliputi kentang rebus, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan bawang merah goreng. Sepotong jeruk nipis untuk diperas di atas mangkuk, saus sambal dan sepiring nasi putih kukus biasanya menyertai hidangan tersebut.

Ayam penyet

Ayam Penyet

Ayam penyet, secara harfiah 'ayam pipih', adalah ayam, baik itu dada atau paha, direndam dalam bumbu dan kemudian digoreng hingga renyah, sempurna keemasan.

Sambal menjadi daya tarik utama bagi orang Indonesia yang menyukai makanan pedas. Biasanya disajikan dengan nasi putih, sayuran segar yang baru dipetik dan tahu dan tempe goreng.

Gudeg

Gudeg

Gudeg berasal dari kesultanan Yogyakarta di Jawa Tengah, dan merupakan favorit nasional. Sebagian besar masakan dari daerah ini terkenal dengan rasa manisnya, tidak terkecuali gudeg.

Hidangan ini terdiri dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam dengan campuran rempah-rempah, gula aren dan santan, sehingga menghasilkan daging yang empuk dan manis. Ini disajikan sebagai hidangan vegetarian sendiri, tetapi telur rebus, tempe, dan ayam yang dimasak dengan cara yang sama biasanya melengkapinya.

Babi guling

Babi Guling

(Foto: Cookpad)

Babi guling adalah babi panggang yang populer di Bali. Berasal dari pesta pertemuan komunal dan upacara kuil, hidangan ini telah menjadi komoditas populer yang dijual di warung dan restoran di seluruh pulau Dewata.

Jarang ditemukan di luar pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu, karena mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Satu porsi babi guling biasanya disertai dengan tempat nasi kukus dan pelengkap kulit garing, daging, jeroan goreng dan campuran salad daging dan sayuran yang disebut lawar.

Nasi Uduk

Nasi Uduk

Nasi uduk adalah nasi yang direbus dalam santan yang dicampur dengan ketumbar, garam, daun salam, dan dibumbui dengan serai. Lembut dan harum, sering disajikan dengan ayam goreng atau panggang, atau potongan daging sapi, dan dihiasi dengan irisan mentimun dan daun kemangi lemon.

Hidangan nasi asli Jakarta ini biasanya disajikan dengan taburan bawang merah goreng dan sup serta salad lainnya di sampingnya. Beberapa penjual menyajikan nasi uduk yang dibungkus daun pisang bersama dengan berbagai pilihan lauk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini