Share

Diet Perkuat Imun Bakal Jadi Tren di 2022

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 612 2525166 diet-perkuat-imun-bakal-jadi-tren-di-2022-2nSKqqNFPH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEIRING dengan masuknya varian omicron ke Indonesia, masyarakat pun diimbau agar semakin memperketat protkol kesehatan. Tapi, selain melindungi diri dari di luar, kita juga harus melindungi diri dari dalam.

Salah satu caranya adalah menjaga imunitas dengan berolahraga atau multi vitamin. Tapi, menjaga imunitas juga bisa dilakukan dengan cara diet loh.

Dikutip dari Glanbia Nutritionals, diet immune supporting atau diet yang berfokus untuk memperkuat imunitas tubuh memang akan menjadi salah satu tren di tahun 2022 mendatang.

Ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM mengatakan, selai diet plant based, diet immune supporting juga menjadi salah satu tren di tahun 2022 mendatang, Inge menyarankan bahwa masyarakat juga harus memperhatikan tentang cara memasak dari makanan tersebut.

Diet

Misalnya dengan memperhatikan jumlah kalori, serta tidak menggunakan terlalu banyak minyak saat memasak makanan. Sebab jika tidak memperhatikan hal tersebut, maka kemungkinan untuk berat badan akan meningkat pun juga bisa terjadi.

"Sebenarnya ada sayur-sayuran yang tidak berkalori banyak, ada juga sayur yang berkalori. Tapi maksudnya kalau memungkinkan bagaimana kalau mengonsumsi sayurnya berwarna-warni gitu," kata Inge seperti dilansir dari Antara.

"Dengan demikian dia bisa yang jumlahnya memang berkalori, dicampur dengan yang tidak berkalori sehingga jumlahnya bisa cukup banyak, tetapi dengan itu pengolahannya juga jangan pakai yang digoreng atau dicacah dengan banyak minyak," lanjutnya.

Terakhir, Fitri juga menyarankan masyarakat untuk memperhatikan beberapa hal sebelum memulai untuk menerapkan diet. Misalnya saja seperti jenis kelamin, usia, dan kondisi fisik.

Selain itu, Fitri juga mengimbau untuk memperhatikan gizi yang seimbang jika ingin memiliki pola makan yang baik dan sehat. Sebab, setiap individu memiliki kebutuhan gizi yang bervariasi.

"Sebelum seseorang menjalankan diet yang perlu diperhatikan adalah jenis kelamin karena berbeda antara laki-laki dan perempuan, usia di mana semakin bertambah usia kebutuhan akan lebih kecil, serta perhatikan kondisi kesehatan misalnya memiliki penyakit tertentu," kata Fitri.

"Pola makan yang baik untuk diterapkan adalah pola makan dengan gizi seimbang, di mana makanan yang dikonsumsi sesuai kebutuhan individu bersumber dari makanan yang bervariasi, aktivitas fisik, berperilaku hidup bersih dan memantau berat badan," tutur Fitri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini