Mau BBQ-an Malam Tahun Baru, Ini 6 Cara Masak Barbeque Seru!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 298 2525614 mau-bbq-an-malam-tahun-baru-ini-6-cara-masak-barbeque-seru-VMCmmd5usC.jpg Barbeque (Foto: Orange county register)

MEMANGGANG aneka daging atau biasa disebut BBQ-an memang tak bisa lepas dari ritual momen perayaan malam tahun baru di Indonesia.

Seru-seruan memasak barbeque sambil menunggu detik-detik pergantian tahun, banyak masyarakat Indonesia yang seru-seruan kumpul di rumah baik bersama sanak keluarga atau sahabat-sahabat tersayang.

Agar acara kumpul tahun baru tetap menyenangkan, jangan sampai salah dalam memasak BBQ loh. Jika tak tahu trik yang tepat, aneka daging dan menu lainnya yang sudah dipersiapkan bisa sayang terbuang karena cita rasanya yang kurang lezat.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara yang tepat memasak barbeque, merangkum Goodhousekeeping dan Startcooking, Jumat (31/12/2021) berikut paparan enam tips memasak BBQ yang tepat.

 BBQ

1. Panaskan alat panggang

Tahukah Anda, setidaknya butuh waktu sekitar 30 menit untuk memanaskan alat panggang agar siap digunakan. Maka dari itu, jangan tunggu tamu datang dan alat BBQ baru dinyalakan. Persiapkan, panaskan alat lebih awal lalu mulai masak saat arang sudah siap. Jaga suhu makanan tetap hangat dengan cara dimasukkan ke dalam oven bersuhu rendah dan kalau perlu tutupi dengan kertas foil.

2. Jangan sering dibolak-balik

Hindari membuat juice asli dari daging dan sayur jadi hilang sehingga membuat daging dan sayur jadi kering. Caranya, jangan terlalu sering dibolak-balik saat dipanggang, Cukup balik daging atau sayuran, satu kali selama proses memanggang dan gunakan penjepit atau spatula, bukan dibalik dengan ditusuk pakai garpu.

3. Jangan ditekan

Saat memanggang burger, daging sapi, sayuran, atau daging ayam jangan menekan-nekan permukaannya memakai spatula. Hal ini malah bisa membuat cairan jus alaminya hilang.

4. Tambahan herbs

Menambah cita rasa BBQ dengan herbs, cara yang tepat adalah dengan memanggang herbs tersebut langsung di arang saat Anda memanggang. Jika menggunakan pemanggang gas, rendam dulu herbs dalam air dan letakkan di atas perapian sebelum meletakkan makanan di atasnya.

5. Dapat rasa smoky

Ingin ada rasa smoky yang khas dalam daging BBQ? Caranya rendam dulu beberapa serpihan kayu (tipe kayu keras) di dalam air selama beberapa saat lalu masukkan ke dalam arang baru tutupi alat grill.

 Baca juga: Asyik Barbeque, Satu Keluarga Diserang Puluhan Kepiting Raksasa

6. Teknik basting

Lakukan teknik basting pada daging dan sayuran yang dipanggang sebagai langkah terakhir. Dengan demikian, bumbu marinasi, gula, atau saus yang diolesi ke daging atau sayuran tidak sempat menjadi caramel lalu jadi gosong.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini