Share

Robby Purba Tumor Payudara, Ini Cara Deteksi Dini pada Pria

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 31 Desember 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 481 2525379 robby-purba-tumor-payudara-gimana-cara-deteksi-dininya-pada-pria-MNbNAYYsgm.jpg Robby Purba (Foto: IG/@robbypurba)

ROBBY Purba jalani operasi tumor payudara. Tindakan pengangkatan tumor dilakukan di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Sebelum dioperasi, Robby Purba menjelaskan kondisinya. Di situ pria berusia 35 tahun tersebut mengingatkan bahwa pria juga bisa kena tumor payudara.

"Pria dengan tumor payudara? Bisakah? Alhamdulillah ternyata bisa. Lagian, apasih yang Allah enggak bisa. Nah, abang yang beruntung nih, kasus yang jarang terjadi kepada pria," katanya di awal keterangan unggahan Instagram terbaru.

Robby Purba

Robby menjelaskan bahwa tumor payudara yang bersemayam di dadanya kini sudah diangkat. Ia pun berharap tumor tersebut tidak menyebar kemana-mana.

"Alhamdulillah sudah diangkat tumornya dari dada Abang. Semoga enggak berkembang kemana-mana, ya. Kalau orang besarin payudara, kalau Abang kecilin payudara hehehe," ungkapnya.

Terlepas dari kabar Robby Purba yang kurang mengenakan di akhir 2021 ini, menjadi pertanyaan bagaimana pria tahu kalau ada tumor di payudaranya? Apakah teknik SADARI yang sering disarankan untuk perempuan berlaku juga untuk pria?

Baca Juga : Robby Purba Jalani Operasi Pengangkatan Tumor Payudara

Sebelum membahas bagaimana pria tahu kalau dirinya punya tumor di payudaranya, Anda harus tahu bahwa tumor payudara memang bukan milik perempuan saja. Kasus tumor payudara bisa menimpa pria karena pada dasarnya pria juga memiliki jaringan payudara dan itu bisa berkembang menjadi kanker payudara.

Baca Juga : Kesha Ratuliu Unggah Hasil USG Tumor Payudara, Yuk Kenali Gejalanya Ladies

Lantas, bagaimana deteksi dini tumor payudara pada pria?

Berdasarkan laman Cancer.org, pria bisa menemukan potensi kanker di payudaranya sedini mungkin, tapi caranya berbeda dengan perempuan. Ya, tes mamografi yang biasanya dipakai untuk perempuan dianggap kurang efektif untuk pria.

Deteksi dini tumor payudara pada pria lebih kepada pandangan mata, salah satunya menyadari perubahan ukuran dada. Karena ukuran payudara pria lebih kecil, ini menguntungkan pria ketika ada sesuatu yang janggal di payudaranya.

Benjolan di payudara menjadi tanda yang harus dianggap serius oleh semua pria. Jangan kemudian menganggap kanker payudara jarang terjadi pada pria, lantas membiarkan benjolan asing di payudara.

"Karena mengira jarang terjadi, akhirnya banyak pria dengan benjolan asing di payudara tidak memeriksakan diri atau mendapatkan penanganan medis dan ini yang membuat kasus kanker payudara pada pria datang dengan level berat," terang laman tersebut, dikutip MNC Portal, Jumat (31/12/2021).

Beberapa pria, dikatakan di sana, merasa malu jika harus bertemu dokter lalu mengutarakan gejala di payudaranya. Banyak pria menilai tindakan itu bisa mengurangi maskulinitas dalam dirinya. Dan sekali lagi, sikap tersebut mengurangi peluang kanker payudara pada pria mendapat penanganan yang maksimal.

Deteksi kanker payudara pada pria juga bisa dilakukan dengan melihat riwayat keluarga. Ya, sama seperti perempuan, ketika ada keluarga atau orangtua yang punya kanker payudara, maka baik perempuan atau pria harus memeriksakan lebih lanjut.

"Tindakan mamografi dan ultrasound pada pria jarang dilakukan, tapi kalau sudah ada benjolan, ini penting dilakukan sesegera mungkin," tambah laporan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini