Share

Cek Fakta: Muncul Varian Delmicron, Gabung dari Delta dan Omicron

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Jum'at 31 Desember 2021 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 31 612 2525707 cek-fakta-muncul-varian-delmicron-gabung-dari-delta-dan-omicron-VXAlXTzyPd.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA pemberian vaksin Covid-19 belum merata, maka mutasi virus Covid-19 masih sangat mungkin terjadi. Nah, belum lama ini beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa varian Delmicron adalah varian Corona baru. 

Delmicron disebut gabungan dari varian Delta dan Omicron yang sedang menggemparkan masyarakat Indonesia. Seperti diketahui varian Omicron adalah varian yang memiliki daya tular sangat tinggi, sedangkan varian Delta adalah varian yang paling mematikan.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 (KPCPEN), @lawancovid19_id, Jumat (31/12/2021), memastikan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah tidak benar alias hoax.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban menjelaskan bahwa Delmicron bukanlah varian baru dari Covid-19. Melainkan nama istilah untuk situasi yang menggambarkan bahwa lonjakan kasus Covid-19 terjadi akibat varian Delta dan Omicron.

Epidemiolog dari Universitas Griffith, Dicky Budiman juga menyebut varian Delmicron merupakan hoax yang terlahir dari teori asal-asalan. Dicky melanjutkan saat ini tidak ada perkawinan antara dua varian tersebut. 

Unggahan tersebut juga menjelaskan bahwa apabila ada varian baru, biasanya penamaan varian hanya dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Masyarakat diimbau untuk tidak ragu dan memeriksa kembali informasi yang diterima melalui media sosial atau broadcast pesan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini