Share

4 Resolusi Keuangan Pribadi Supaya Stabil di Tahun Baru 2022, Nomor 1 Harus Diterapkan

Hasyim Ashari, MNC Portal · Sabtu 01 Januari 2022 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 612 2525861 4-resolusi-supaya-keuangan-stabil-di-tahun-baru-2022-nomo-1-harus-diterapkan-EqqNKhLUWX.jpg Ilustrasi resolusi keuangan di tahun baru 2022. (Foto: Shutterstock)

MENJALANI tahun baru 2022, setiap orang pasti ingin kehidupan yang lebih baik, terutama dalam hal keuangan. Namun, rencana yang sudah dibuat pada awal tahun sering terlupakan dan gagal mencapai target finansial.

Jadi, kondisi keuangan adalah salah satu resolusi yang harus diprioritaskan. Misalnya, belanja dengan bijak sampai menabung lebih banyak.

Nah, berikut ini empat resolusi keuangan pada tahun baru 2022 yang harus dibuat demi menjaga stabilitas kehidupan, sebagaimana dihimpun dari laman Pinkvilla.

Baca juga: 5 Tren Makeup 2022 yang Cantik dan Unik, Bergaya Bling-Bling hingga Super-Glossy 

1. Menentukan tujuan

Dalam proses perencanaan keuangan dibutuhkan tujuan yang spesifik. Contohnya dalam 2 tahun mendatang akan membeli mobil, 5 tahun lagi menyiapkan dana pensiun, 10 tahun lagi sudah melunasi cicilan rumah.

Tidak ada salahnya juga jika tujuan Anda belum 100 persen pasti dan jelas, setidaknya telah memiliki gambaran hal-hal apa yang akan dilakukan. Tentunya semua rencana ini bisa diwujudkan dengan mengatur dan merencanakan keuangan dengan baik.

Baca juga: Studi: Dua Dosis Vaksin Sinovac Ditambah Booster Pfizer Kurang Ampuh Lawan Omicron 

2. Belanjakan dengan bijak

Uang yang dihabiskan dengan bijak selalu memberi hasil yang baik. Jangan sering menghabiskan untuk hal-hal yang tidak perlu. Tentu saja, sesekali Anda bebas membeli produk dengan harga yang tinggi sebagai bentuk apresiasi atau yang biasa dikenal sebagai self reward, tetapi jangan dijadikan kebiasaan.

3. Berhemat setidaknya 10 persen dari penghasilan bulanan

Ini adalah cara termudah untuk menghemat uang. Dalam menghemat banyak uang, Anda mungkin akhirnya menggunakan semua tabungan Anda suatu hari nanti. Oleh karena itu, cobalah untuk menabung sedikit setiap bulan.

Meskipun pada awalnya jumlahnya mungkin tampak sedikit. Tetapi setelah beberapa bulan, Anda akan menyadari bahwa betapa pentingnya menabung. Dengan cara ini Anda akan dapat menabung tanpa membuat diri Anda stres tentang bagaimana melakukannya selama sebulan penuh.

Baca juga: Inggris Izinkan Penggunaan Paxlovid, Pil Antivirus Covid-19 Buatan Pfizer 

4. Jangan tergiur dengan penawaran palsu

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan banyak orang adalah terpikat pada penawaran palsu. Obral liburan atau kupon diskon membuat kita membeli semua yang tidak kita butuhkan.

Ini tidak lain hanyalah buang-buang uang. Jadi, lain kali ketika muncul pemberitahuan tentang obral besar yang memikat Anda untuk membeli barang-barang yang tidak perlu, berhenti sejenak, dan pikirkan hal baik apa yang dapat dilakukan dengan uang itu.

Baca juga: 'Generasi Sandwich', Biasakan Menabung, Pandemi Masa yang Tak Menentu 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini