Share

Banyak Makan Jeroan Sebabkan Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 01 Januari 2022 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 612 2525874 banyak-makan-jeroan-sebabkan-penyakit-asam-urat-benarkah-uTEYhjTz8A.jpg Ilustrasi makanan jeroan. (Foto: rekomendasime)

MASYARAKAT Indonesia pasti sudah mengenal jenis makanan jeroan. Ya, makanan ini biasanya berasal dari organ dalam hewan sapi dan ayam. Jeroan cukup sering dikonsumsi masyarakat Tanah Air, misalnya sebagai sate-sate pelengkap bubur ayam atau menu-menu di tempat makan angkringan.

Mengonsumsi jeroan kerap dihubungkan dengan penyebab penyakit asam urat. Asam urat sendiri adalah jenis radang sendi yang disebabkan kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah.

Baca juga: Ilmuwan Uji Dosis Tinggi Obat Deksametason ke Pasien Covid-19, Bisa Redakan Gejala Parah 

Ilustrasi serangan penyakit asam urat pada kaki.

Kelebihan asam urat bisa memicu penumpukan cairan di sekitar sendi yang dapat menyebabkan kristal asam urat. Pembentukan kristal inilah menyebabkan persendian membengkak dan meradang, sehingga mengakibatkan rasa sakit yang hebat.

Seperti dikutip dari laman Healthline, Sabtu (1/1/2022), secara umum penyebab penyakit asam urat sebagaimana telah ditinjau secara medis oleh ahli diet klinis Katherine Marengo LDN RD adalah ketika sudah terlalu banyak asam urat dalam darah. Berlebihnya asam urat ini kemungkinan bisa karena tinggi purin atau tubuh yang mungkin hanya memproduksi terlalu banyak asam urat.

Baca juga: 4 Resolusi Keuangan Pribadi Supaya Stabil di Tahun Baru 2022, Nomor 1 Harus Diterapkan 

Disebutkan lebih lanjut, purin merupakan senyawa kimia yang dibuat atau dibawa oleh tubuh melalui makanan yang kita makan, lalu dipecah jadi asam urat ketika dimetabolisme.

Normalnya, purin terurai menjadi asam urat. Asam uratnya adalah larut dalam darah, melewati ginjal ke dalam urine dan dihilangkan dari tubuh. Komplikasi terjadi ketika ginjal tidak membuang asam urat dengan cepat, atau bisa juga karena terjadinya peningkatan jumlah produksi asam urat.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Mengingat purin yang terurai jadi asam urat itu terbuat dari makanan yang kita makan, maka memang ada makanan tertentu yang diketahui harus dihindari atau dibatasi konsumsi agar kadar asam urat tetap terkontrol.

Baca juga: 5 Tren Makeup 2022 yang Cantik dan Unik, Bergaya Bling-Bling hingga Super-Glossy 

Menurut American College of Rheumatology, jeroan seperti otak, sweetbread (kelenjar leher), jantung, ginjal, dan hati termasuk makanan yang memang harus dihindari atau begitu dibatasi ketat konsumsinya.

Mengapa protein hewani tersebut memengaruhi penderita asam urat? Jawabannya, karena protein hewani diketahui mengandung purin yang tinggi, dengan penumpukan purin yang tinggi inilah yang disebutkan bisa menyebabkan peningkatan kadar asam urat sehingga akhirnya menyebabkan penyakit asam urat.

Baca juga: Studi: Dua Dosis Vaksin Sinovac Ditambah Booster Pfizer Kurang Ampuh Lawan Omicron 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini