Share

Bisnis Cuci Sepatu Sukses, Cek Tips Promosi ala dr Tirta

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 01 Januari 2022 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 612 2525881 bisnis-cuci-sepatu-sukses-cek-tips-promosi-ala-dr-tirta-1nJBXlqdW7.jpg Dokter Tirta Mandira Hudhi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

TIRTA Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda yang kini banyak dikenal masyarakat Indonesia melalui edukasinya mengenai virus corona. Dokter Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Selain dikenal sebagai seorang dokter, dr Tirta merupakan pengusaha bisnis cuci sepatu yang telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia. Pertama kali didirikan di Yogyakarta, dr Tirta mulai merintis usahanya pada saat masih menjalani pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada.

Dokter Tirta Mandira Hudhi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

Kembali dengan konten seru yang menghibur penonton, kali ini dr Tirta membuat video khusus di mana dirinya menjawab beberapa pertanyaan seputar mengelola sebuah bisnis. Dokter Tirta pun menjawab pertanyaan pertama mengenai cara mempromosikan bisnis.

Dokter Tirta kemudian menjelaskan bahwa riset pasar merupakan hal yang sangat penting. Ia mengklasifikasi target market dengan jumlah pendapatan yakni high-end, middle, dan low-end. Tidak hanya itu, analisis lokasi bisnis dan juga kompetitor perlu diperhatikan dalam menentukan harga.

"Sudah tahu harganya, sudah tahu riset marketnya, berarti kita bisa menentukan budget marketing yang cocok berapa, biasanya 20 persen dari pengeluaran, itu kalau saya," ujar dr Tirta.

Dokter Tirta juga menjelaskan penggunaan jasa Key Opinion Leader (KOL) dengan teknik yang berbeda di berbagai lokasi bisnisnya. Bagi yang sudah penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini