6 Kesalahan Bakar Jagung Bisa Bikin Hangus dan Terlalu Kering

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 298 2526725 6-kesalahan-bakar-jagung-bisa-bikin-hangus-dan-terlalu-kering-Ns2wnKrHyU.jpeg Kesalahan bakar jagung (Foto: Mashed)

KESALAHAN bakar jagung bisa membuat rasanya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lalu, apa saja kesalahan yang biasa orang lakukan ketika bakar jagung?

Jagung memang jadi pilihan banyak orang sebagai salah satu camilan favorit. Relatif mudah didapatkan, harga terjangkau, lezat dan bisa diolah menjadi berbagai menu.

Selain direbus, biasanya jagung bakar atau jagung yang dipanggang jadi pilihan dalam mengolah. Meski jagung bakar seolah mudah dibuat, tapi tak semua orang paham cara membakar atau memanggang jagung dengan tepat sehingga bisa menghasilkan jagung bakar yang lezat dengan tingkat kematangan yang pas.

Nah kira-kira apa saja sih kesalahan yang sering dilakukan saat memanggang jagung? Merangkum Mashed, Senin (3/1/2022) berikut enam kesalahan yang biasa dilakukan saat memanggang jagung.

1. Merendam jagung

Kesalahan Bakar Jagung

(Kesalahan Bakar Jagung, Foto: Mashed)

Sebelum dibakar beberapa orang biasanya merendam jagungnya atau bahkan merebus jagungnya terlebih dahulu, menyakini cara ini bisa membantu menjaga jagung tidak terbakar atau mengering terlalu cepat. Nyatanya, merendam atau merebus jagung tidak berpengaruh apa-apa untuk mencegah jagung tak hangus atau tidak menjadi terlalu kering.

Baca Juga : 5 Trik Mudah Bakar Jagung di Rumah, Bisa Jadi Pilihan saat Pesta Barbekyu

2. Membuang semua kulit dan serabut

Kesalahan Bakar Jagung

(Kesalahan Bakar Jagung, Foto: Mashed)

Banyak resep jagung bakar yang menginstruksikan untuk mengupas dan membersihkan jagung sepenuhnya sebelum dipanggang, atau bisa juga malah kulitnya benar-benar tak perlu dibersihkan. Dari ujin dapur Epicurious menemukan bahwa menghilangkan semua kulit dan serabut pada jagung justru membuat jagung jadi hangus karena mudah terbakar dan menghasilkan beberapa rasa yang sangat tidak enak.

Baca Juga : Tiga Cara Memanggang Jagung Manis

3. Tidak memilih jagung yang segar

Kesalahan Bakar Jagung

(Kesalahan Bakar Jagung, Foto: Mashed)

Metode memasak apa pun akan percuma kalau jagung yang dipilih adalah jagung yang sudah tak segar. Saat memilih jagung, ada tanda yang bisa dilihat untuk menandakan jagung itu segar. Pertama, cari jagung dengan tongkol yang terasa sedikit berat saat diangkat. Silk di bagian bagian atas harus segar dan hijau, tidak kering dan kuning, jangan pilih jika silknya sudah berwarna coklat.

4. Terlalu lama ditaruh di kulkas

Kesalahan Bakar Jagung

(Kesalahan Bakar Jagung, Foto: Mashed)

Jagung yang segar akan percuma jika akhirnya terlalu lama disimpan di kulkas. Agar jagung bakar buatan Anda rasanya enak, direkomendasikan agar jagung tersebut dibakat di hari yang sama setelah dibeli. Jika tidak, jagung akan mengalami penurunan kualitas dan rasa manisnnya akan hilang.

5. Dibakar buru-buru

Kesalahan Bakar Jagung

(Kesalahan Bakar Jagung, Foto: Mashed)

Begitu selesai dikupas lalu langsung dibakar di atas panggangan. Ya, ini adalah cara yang salah dalam memasak jagung. Setiap stepnya ternyata tidak boleh buru-buru loh. Jagung harus dibakar di suhu rendah agar tidak gosong.

6. Dibakar dengan api besar

Kesalahan Bakar Jagung

(Kesalahan Bakar Jagung, Foto: Mashed)

Membakar jagung dengan api besar bukan hanya membuat jagung jadi hangus, kering, dan menghilangkan cita rasa manisnya, tapi juga membuat cita rasa keseluruhannya jadi tidak enak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini