Share

Intip Nex Carlos Nyobain Tahu Tek, Kuliner Legendaris Surabaya Berusia Hampir Setengah Abad

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 298 2527055 intip-nex-carlos-nyobain-tahu-tek-kuliner-legendaris-surabaya-berusia-hampir-setengah-abad-igtYWuiv2l.jpg Nex Carlos nyobain tahu tek (Foto: YouTube/Nex Carlos)

SURABAYA dikenal sebagai salah satu wilayah yang penuh akan sejarah, serta dijuluki sebagai Kota Pelajar. Tapi selain itu Surabaya juga dikenal dengan aneka kulinernya yang lezat, misalnya tahu tek.

Tahu tek adalah salah satu kuliner khas Surabaya dan yang termasuk ke dalam makanan veteran. Terdiri dari tahu goreng setengah matang dan lontong yang dipotong kecil-kecil, kemudian telur, kentang goreng, kecambah, dan irisan mentimun.

Bahan-bahan tersebut lalu disiram dengan saus kacang dengan campuran petis di atasnya, ditaburkan kerupuk udang yang bentuknya kecil sebagai pelengkapnya.

Nex Carlos

Sementara itu dikutip dari channel YouTube Nex Carlos, food vlogger ini mampir ke salah satu warung tahu tek yang sudah melegenda di Surabaya yaitu Tahu Tek Pak Haji Ali di Jalan Dinoyo, Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga : Intip Nex Carlos Nyobain Kuliner Ekstrem di Manado, dari Tikus hingga Piton!

Sebelum makan, Nex Carlos menggambarkan kalau tahu tek ini hampir serupa dengan ketoprak. Namun yang membedakannya adalah bumbu yang digunakannya ditambah dengan bumbu petis.

"Tahu tek itu kalau di Jakarta diibaratkan kaya ketoprak.Tapi ini benar-benar berbeda, karena tahu tek pake (bumbu) petis," kata Nex.

Baca Juga : Cerita Nex Carlos Pernah Zonk saat Kulineran, Sempat Berhenti Syuting!

Menurut Nex, rasa tahu tek khas Surabaya ini rasanya gurih, apalagi bumbu kacang petis yang disiram di atas tahu, telur dan aneka toping lainnya ini sangat pas. Kemudian jika Anda menyukai rasa pedas, bisa meminta penjual menambahkan cabai saat mengulek bumbu kacang.

Tahu Tek Pak Haji Ali ini ternyata sudah ada sejak 1962. Kini sudah turun kepada anaknya sebagai generasi kedua. Buka mulai pukul 10.00 sampai 01.00 WIB.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini