Share

Alasan Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ternyata Gak Cuma Bikin Melek!

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 05 Januari 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 298 2527689 alasan-kopi-bisa-bantu-turunkan-berat-badan-ternyata-gak-cuma-bikin-melek-FYpNzi9Yrb.jpeg Alasan kopi bisa bantu turunkan berat badan (Foto: Healthline)

ALASAN kopi bisa bantu turunkan berat badan akan dibahas di sini. Ya, siapa sangka jika minum kopi bisa membantu Anda menjadi langsing. 

Ya, kopi ternyata tak hanya memicu energi, membuat semangat, dan memacu adrenalin. Minuman kopi jika dibarengi dengan rutinitas olahraga dan pola makan yang tepat, dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Nah, mengapa kopi disebut bisa membantu untuk menurunkan berat badan?

Dalam biji kopi sampai jadi minuman, ditemukan banyak kandungan zat aktif biologis yang beberapa di antaranya dapat memengaruhi metabolisme tubuh. Pertama ada kafein sebagai stimulan utama dalam kopi, lalu theobromine yang merupakan stimulan utama dalam kakao tpi juga ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil dalam kopi, teofilin, stimulan yang ada di kakao dan kopi.

Alasan Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

(Alasan Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Foto : Healthline)

Kemudian masih ada asam klorogenat. Ini merupakan salah satu senyawa aktif biologis utama dalam kopi, disebutkan bisa membantu memperlambat penyerapan karbohidrat.

Baca Juga : Ilmuwan Sukses Ciptakan Kopi Tanpa Biji, Selamat Datang Masa Depan!

Merujuk pada kafein sebagai stimulan utama yang ada pada kopi, mengutip Healthline, Rabu (5/1/2022) seperti disebutkan peneliti nutrisi dan dokter muda, Kris Gunnars, BSc , kopi bisa membantu memobilisasi lemak dari jaringan lemak, karena kafein ini merangsang sistem saraf yang mengirimkan sinyal langsung ke sel-sel lemak, untuk memberitahu sel-sel lemak tersebut untuk memecah lemak.

Baca Juga : Tak Disangka, Minum Kopi Bisa Hasilkan 5 Kebaikan Ini untuk Kesehatan

Hal di atas dilakukan dengan meningkatkan kadar hormon epinefrin (adrenalin) dalam darah. Adrenalin yang mengalir melalui darah ke jaringan lemak, memberi sinyal untuk memecah lemak dan melepaskannya ke dalam darah di tubuh kita.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Sebagai catatan, melepaskan asam lemak ke dalam darah tidak semerta-merta langsung bisa menghilangkan lemak, kecuali jika kita membakar lebih banyak kalori daripada yang masuk ke tubuh lewat diet. Kondisi ini dikenal sebagai keseimbangan energi negatif, yang bisa dicapai dengan makan lebih sedikit dan lebih banyak berolahraga.

Alasan Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

(Alasan Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Foto : Healthline)

Selain itu, kafein dalam kopi ternyata juga bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Studi menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan level tubuh membakar kalori saat istirahat atau resting metabolic rate (RMR) sebesar 3 sampai 11 persen. Makin tinggi tingkat RMR nya, maka semakin mudah kita untuk menurunkan berat badan atau makan tanpa berat badan yang bertambah.

Disebutkan lebih lanjut, sebagian besar peningkatan metabolisme ini disebabkan oleh adanya peningkatan pembakaran lemak. Tapi efeknya berbeda-beda pada setiap orang, studi menunjukkan kafein bisa meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 29 persen pada orang bertubuh kurus, tapi hanya sampai di level 10 persen di orang dengan tubuh gemuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini