Kenali Minyak Aromaterapi yang Bisa Digunakan untuk Perawatan Kulit

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 611 2527832 kenali-minyak-aromaterapi-yang-bisa-digunakan-untuk-perawatan-kulit-H0DZlOvDmv.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MINYAK aromaterapi memang biasa digunakan untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi santai. Bagi mereka yang sulit tidur, minyak aromaterapi bisa meningkatkan kualitas tidur dan membantu meringankan insomnia.

Selain itu, minyak aromaterapi juga bisa mMeringankan rasa sakit, seperti nyeri haid, nyeri akibat batu ginjal, atau nyeri pada osteoartritis. Tapi, banyak juga yang belum paham bahwa minyak ini juga dapat mendatangkan kebaikan bagi kulit.

Selama bertahun-tahun, aromaterapi telah digunakan untuk menenangkan otak dan merilekskan tubuh. Di spa dan pusat kesehatan, aromaterapi digunakan untuk membantu orang agar merasa segar kembali, bahkan para ahli juga merekomendasikan penggunaannya sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak selama beberapa jam.

Aromaterapi

Tapi bagaimana aromaterapi bermanfaat bagi kulit? Radhika Iyer, pendiri Beauty by Anahata, seorang pengusaha, yogini, pendaki gunung dan filantropi di India, mengatakan aroma memiliki hubungan langsung dengan emosi yang kita alami, dan aromaterapi digunakan untuk merangsang pikiran ke arah yang lebih positif.

"Ini melepaskan hormon yang bermanfaat dalam tubuh kita karena otak kita memberi sinyal bahwa itu dalam keadaan santai. Kulit kita sangat dipengaruhi oleh emosi kita selama periode waktu tertentu. Ketika dilakukan secara konsisten, aromaterapi dapat memiliki efek yang luar biasa pada kulit dan pikiran," kata Radhika dilansir Antara dari Indian Express.

Lebih lanjut Radhika menyebutkan, beberapa minyak esensial yang dapat membantu dalam perawatan kulit, di antaranya lavender, cendana dan rosemary. Minyak esensial lavender disebut dapat menenangkan sistem saraf dan menyebabkan keadaan rileks dalam pikiran.

Minyak ini juga melindungi kulit dari radikal bebas dan menghilangkan rasa lelah. Cendana atau sandalwood, dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan diketahui membawa lebih banyak kelembapan atau mampu menghidrasi kulit.

Sementara minyak esensial rosemary diketahui mampu bekerja dengan melebarkan atau memperluas pembuluh darah Anda sehingga memungkinkan darah Anda menyerap lebih banyak oksigen. Darah kemudian akan menjadi lebih sehat dan beroksigen sehingga menghasilkan nutrisi yang lebih baik untuk tubuh dan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini