Share

4 Jenis Foundation untuk Bermacam Kondisi Kulit

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 05 611 2527992 4-jenis-foundation-untuk-bermacam-kondisi-kulit-TbqMMLeJhE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENGGUNAAN alas bedak memang terkadang dilewatkan, lantaran dianggap membuang waktu. Padahal, menggunakan alas bedak atau foundation yang tepat menjadi kunci keberhasilan tata rias wajah Anda.

Foundation menjadi salah satu produk makeup yang sering digunakan selain lipstick dan bedak. Hal itu menjadikan foundation memiliki banyak jenis dan shade. Berbeda jenis foundation, maka beda pula tekstur, coverage, dan hasil akhirnya.

Tak hanya itu, antara satu foundation dengan foundation yang lain pun memiliki kegunaan yang tidak sama. Berikut adalah jenis-jenis tekstur foundation berdasarkan kondisi kulit, seperti dilansir dari Highend.

Liquid Foundation

Foundation

Jenis foundation ini menjadi yang paling populer di kalangan pecinta makeup. Berbahan dasar air atau minyak, membuat liquid foundation cenderung cocok untuk semua jenis kulit. Termasuk mudah diaplikasikan, foundation ini dapat diaplikasikan dengan spons dan kuas dengan hasil akhir matte atau dewy.

Namun, kekurangan dari foundation jenis ini adalah cenderung menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Selain itu, tampilan foundation akan berubah jadi tidak merata saat wajah banyak mengeluarkan keringat atau minyak setelah terlalu lama beraktivitas.

Matte Foundation

Foundation

Kulit berminyak cenderung lebih butuh perhatian, terutama mengenai produk kosmetik yang mengandung minyak. Jenis matte foundation merupakan jenis alas bedak yang tepat untuk kulit berminyak. Matte foundation ini sifatnya cepat kering di wajah. Anda hanya perlu mengaplikasikannya tipis-tipis dan jangan terlalu tebal.

Mousse Foundation

Foundation

Mousse foundation terkenal akan sifatnya yang ringan. Foundation ini memiliki formula yang mengandung micro bubbles yang menjadikannya ringan untuk dipakai. Selain itu, mousse foundation juga tidak menyebabkan tampilan menjadi cakey atau menggumpal di area kerutan seperti smile lines.

Meskipun begitu, foundation jenis ini hanya dapat bertahan selama 2-3 jam. Sehingga mousse foundation lebih cocok digunakan pada acara santai di malam hari.

Stick Foundation

Foundation

Jika jenis kulit Anda berjerawat, sebaiknya pilihlah alas bedak jenis stick, karena bentuk stick menyebabkan pamakaian foundation ini minim kontak langsung dengan kulit tangan yang terdapat banyak kuman, sehingga lebih terjamin kesterilannya.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini