Baru Sebulan Anak Kedua Raffi Ahmad Sudah Disunat, Kenali Manfaatnya bagi Kesehatan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 481 2528093 baru-sebulan-anak-kedua-raffi-ahmad-sudah-disunat-kenali-manfaatnya-bagi-kesehatan-zUi0Ik31Ch.jpeg Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. (Foto: Instagram)

LAHIR pada 26 November silam, Anak kedua Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad sudah menjalani proses sunat. Kabar tersebut diberikan Raffi melalui akun Instagram pribadinya @raffinagita1717.

"Selamat punya bentuk baru ya Rayyanza Malik Ahmad #rayyanzasunat," tulis Raffi dalam unggahannya.

Tentunya masih ada masyarakat yang bingung mengapa prosedur sunat sudah dilakukan sejak bayi. Merangkum dari Health Line, sunat adalah operasi pengangkatan kulit yang menutupi ujung penis. Bagian kulit ini dikenal sebagai kulup. 

Sebagian besar pria di negara bagian Barat menjalani prosedur sunat saat masih bayi. Hal ini berlaku karena budaya atau untuk alasan medis tertentu. Sunat dapat dilakukan pada anak laki-laki yang lebih tua atau pria dewasa.

Pada dasarnya sunat ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seorang pria. Adapun beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari sunat, di antaranya:

Penurunan risiko infeksi saluran kemih (ISK)

Sunat sejak bayi dapat menurunkan risiko ISK terutama pada tahun pertama kehidupan seorang anak. ISK yang parah atau berulang dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan sepsis (infeksi aliran darah). 

Penurunan risiko tertular HIV

HIV serta beberapa penyakit lain yang ditularkan melalui kontak seksual dapat dikurangi dengan sunat. Tetapi penting untuk diingat bahwa sunat bukanlah pencegahan infeksi menular seksual.

Menurunkan risiko kondisi kulit yang dapat memengaruhi penis, seperti phimosis. 

Menurunkan risiko terkena kanker penis walaupun kanker penis sangat jarang terjadi. 

Menurunkan risiko kanker serviks pada pasangan wanita dari pria yang telah disunat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini